Di China Ada Perusahaan RI Produksi Masker

By Polkrim News 25 Mar 2020, 09:43:36 WIB Internasional
Di China Ada Perusahaan RI Produksi Masker

JAKARTA,- - Pemerintah bersama swasta tengah menggenjot produksi masker untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri dalam rangka penanggulangan virus corona (Covid-19). Salah satu produsen, Sinarmas Group, mengaku turut serta dalam upaya produksi ini.

Kendati demikian, Managing Director Sinar Mas, Gandi Sulistiyanto, mengaku, saat ini pabriknya di Indonesia belum siap untuk melakukan produksi besar-besaran. Karena itu, saat ini dia masih mengandalkan produksi dari pabrik di China.

"Ya kami Asia Pulp & Paper (APP) memproduksi masker, tetapi pabrik di Indonesia terus terang belum siap sehingga kami memproduksi sekarang ini dari China," ujarnya di Kantor Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Selasa (24/3/20).

Baca Lainnya :

Dia menjanjikan, setidaknya pada April 2020 nanti pabrik yang disiapkan di Indonesia sudah bisa beroperasi. Sambil menunggu kesiapan pabrik itu, produksi masker di China terus dilakukan.

Beberapa waktu belakangan, pihaknya juga terlibat dalam penyaluran donasi berupa masker di sejumlah sasaran di Indonesia. Sebagian besar merupakan masker impor.

"Untuk masalah yang saat ini, kita masih impor, tetapi impornya kemarin langsung dibantu oleh Kementerian Kesehatan, kami mendapat kemudahan sekali dalam proses impor bersama-sama Mendag, langsung dalam waktu beberapa jam bisa dikeluarkan," urainya.

Di sejumlah komoditas alat kesehatan, dia menegaskan, saat ini swasta sudah tak bisa lagi menggelar impor secara mandiri. Kebijakan di sejumlah negara sudah mewajibkan adanya hubungan antar negara.

"Kami untuk pengadaan pengobatan, untuk impor dari luar sudah di lock, karena harus G to G. Kita tidak punya kemampuan dalam pelaksanaan tanpa bantuan dari pemerintah, dalam hal ini yang paling tepat saya rasa BUMN," urainya.

Salah satu yang juga penting diperhatikan adalah mengenai angkutan logistik. Dia mengaku sudah berkoordinasi dengan Garuda Indonesia untuk menyiapkan penerbangan ke sejumlah negara asal impor.

"Saya sudah bicara langsung dengan Dirut Garuda Pak Irfan. Beliau meminta secara khusus masker untuk para pilot dan pramugari. Kami sudah langsung drop hari ini sementara 10.000 dulu. Dan itu akan terus kami berikan sesuai kebutuhan."

"Namun dalam kesempatan itu saya juga meminta tolong kepada beliau untuk bisa mengalokasikan beberapa penerbangan di negara negara asal karena ada barang yang sedang kita impor. Beliau nyatakan kesediaan mengatur ini bersama-sama," lanjutnya.[]




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

JADWAL SHOLAT HARI INI


Kanan - Iklan 2Kanan - Iklan 1

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Berita Utama