Jokowi Ajak Umat Jadikan Hijrah Nabi Muhammad Momen Berubah ke Kebiasaan Baru

By Polkrim News. 10 Agu 2021, 00:43:21 WIB Nasional
Jokowi Ajak Umat Jadikan Hijrah Nabi Muhammad Momen Berubah ke Kebiasaan Baru

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak umat muslim menjadikan momen hijrah Nabi Muhammad dari Mekkah ke Madinah sebagai momentum untuk hijrah pada kebiasaan baru.

Jokowi mengatakan telah banyak perubahan dalam proses peribadatan umat muslim selama pandemi Covid-19. Ancaman Covid-19 utamanya varian delta telah memaksa untuk berubah dan banyak melakukan penyesuaian dalam berbagi kegiatan termasuk kegiatan keagamaan. "Itu merupakan ikhtiar kita seperti perintah hijrah nabi Muhammad. Kesadaran untuk menjadi lebih baik, kesadaran untuk hal-hal yang lebih besar. Kesadaran membangun hidup baru yang lebih baik," kata Jokowi dalam sambutan virtual, Senin (9/8/2021).

Peristiwa hijrah Nabi Muhammad dari Mekkah ke Madinah telah membuahkan hasil manis dalam penyebaran ajaran Islam. Buah manis itu dinikmati atas pengorbanan meninggalkan tanah Mekkah yang menjadi tempat lahir dan kampung halaman. "Dulu perjuangan Rasulullah dari Mekkah ke Madinah telah membuat Islam berkembang menyebar luas dan disegani di wilayah jazirah Arab. Dibutuhkan pengorbanan yang menghambat kemajuan diperlukan kebersamaan, keberanian dan solidaritas," jelasnya.

Baca Lainnya :

Kemudian perbedaan latar belakang sosial dan budaya justru menjadi kekuatan. Seperti persaudaraan antara kaum Muhajirin dan Anshar dalam menyukseskan perjuangan dakwah Nabi Muhammad. "Itu merupakan uswah contoh. Kepatuhan umat Islam memakai masker, menjaga jarak dan membatasi mobilitas mencerminkan semangat hijrah dalam perilaku keseharian kita," bebernya.

Hijrah dari kebiasaan baru untuk menghindari virus Covid demi keselamatan dan kesehatan bersama di Indonesia. Pada kesempatan yang sama Jokowi juga mengajak umat Islam untuk meningkatkan ukuwah wathaniah dan basariah. "Mari kita kembangkan keberagaman, budaya moderasi, toleransi, inklusivitas. Mari kita sebarkan Islam Rahmatan Lil Al-Amin teladani akhlaq nabi mengajarkan kebersamaan dan meninggalkan kebencian," pungkasnya.[]




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

JADWAL SHOLAT HARI INI



Kanan - Iklan 2Kanan - Iklan 1

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Berita Utama