Viral di Medsos Petugas Pengantar Jenazah PDP Corona Pakai Jas Hujan di Tasikmalaya

By Polkrim News 24 Mar 2020, 18:23:58 WIB Jabar
Viral di Medsos Petugas Pengantar Jenazah PDP Corona Pakai Jas Hujan di Tasikmalaya

TASIKMALAYA--Tiga petugas pengantar jasad Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Corona di Tasikmalaya mengenakan jas hujan sebagai Alat Pelindung Diri (APD). Foto ketiga petugas itu

Peristiwa ini viral di media sosial dan pesan berantai setelah petugas ambulance Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya yang antar jasad PDP Corona ke Cirebon, beberapa waktu lalu.

Dalam foto yang beredar, terlihat tiga orang petugas ambulance menggunakan alat pelindung diri dari jas hujan plastik berwarna hijau. Ketiganya juga terlihat mengenakan masker N95 saat mengangkat peti jenazah masuk ambulance.

Baca Lainnya :

"Ada lagi nih, petugas pakai jas hujan tanpa apd standar" ucap Robby, warga Tasikmalaya, Selasa (24/03/2020).

RSUD SMC membenarkan tiga petugas ambulance menggunakan APD dari jas hujan plastik. Peristiwa ini terjadi di luar ruang isolasi saat mengantar jasad PDP Corona yang wafat di ruang isolasi.

Pihak Rumah sakit pastikan jasad PDP Corona ini steril. Jenazah pasien yang sempat tunjukkan gejala batuk, sesak nafas dan flu ini sudah disemprot cairan disinfektan, dibungkus kantung mayat dan plastik, serta di masukkan peti mati dibalut plastik tebal.

"Jenazah PDP ini steril sudah di semprot desinfektan, dimasukkan kantung mayat, dibungkus plastik semprot lagi, masuk peti jenazah semprot lagi dan dibungkus plastik semprot lagi.," ujar Iman Firmansyah, Direktur RSUD SMC Tasikmalaya di kantornya.

Selain itu, sumah sakit juga akui kehabisan alat pelindung diri (APD) standar Internasional. Stoknya sangat terbatas hanya digunakan oleh petugas medis di ruang isolasi.

"Kita jujur aja habis APD standar Internasional kalau pun ada hanya untuk petugas medis di dalam ruang isolasi" tambah Iman.

Dalam foto yang juga viral, terlihat peti mati bertuliskan disegel agar tidak dibuka keluarga. Proses pemakaman dihadiri petugas kepolisian, TNI dan keluarga pasien. Belum dipastikan, pasien laki laki yang baru pulang dari Jakarta sepekan lalu ini, positif Corona atau tidak.[]

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

JADWAL SHOLAT HARI INI


Kanan - Iklan 2Kanan - Iklan 1

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Berita Utama