Cara Alami Meredakan Demam Ketika Obat Tak Tersedia di Dalam Rumah

By Polkrim News. 16 Jul 2021, 00:04:18 WIB Kesehatan
Cara Alami Meredakan Demam Ketika Obat Tak Tersedia di Dalam Rumah

Demam adalah momok yang ditakuti di masa pandemi ini. Pasalnya demam merupakan salah satu gejala yang ditimbulkan dari infeksi Covid-19. Padahal demam tak hanya bisa disebabkan oleh Covid-19 saja. Namun juga bisa disebabkan karena flu biasa, atau malah penyakit Demam Berdarah dan demam tifoid atau tipes.

Pada dasarnya demam adalah reaksi dari sistem imun dalam melawan infeksi yang ada di dalam tubuh kita. Demam memang selalu meresahkan, apalagi jika kita tak memiliki obat penurun panas di dalam rumah. Namun jangan khawatir, beberapa bahan dan cara alami ini dipercaya bisa menurunkan demam secara perlahan, hingga Anda mendapatkan obat penurun panas yang paling pas.

Ada beberapa cara dan bahan alami menurunkan demam yang bisa Anda pilih. Berikut enam di antaranya? Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu. Daftarkan email

Baca Lainnya :

1. Minum banyak cairan

Demam bisa membuat tubuh banyak berkeringat sebagai usaha alami tubuh mendinginkan suhu yang ada. Nah Anda bisa membantu tubuh dengan cara minum banyak cairan. Selain bisa membantu menurunkan suhu, cairan juga bisa mencegah dehidrasi akibat keringat yang keluar terlalu banyak. Selain air mineral, Anda juga bisa memilih jus buah, kaldu daging, atau sup sayuran segar.

2. Mandi atau berendam di air hangat

Mandi dengan air dingin justru memicu tubuh untuk lebih menaikkan lagi suhunya. Jadi ketika demam, cobalah mandi air hangat. Ketika berendam air hangat, maka pembuluh darah akan otomatis melebar dan melepas panas yang terperangkap di dalamnya.

3. Sesuaikan pakaian

Jika Anda merasa panas terkurung di dalam tubuh, gunakan pakaian yang tipis sehingga panas bisa keluar. Sebaliknya jika Anda menggigil, gunakan pakaian lengan panjang juga selimut untuk membuat Anda nyaman hingga demam turun.

Namun ingat, jangan menggunakan pakaian dan selimut yang terlalu tebal karena hanya akan memerangkap panas tubuh, sehingga suhu akan semakin tinggi dan tinggi.

4. Beristirahat dengan tidur

Tubuh butuh banyak energi ketika tengah memerangi infeksi. Jadi berhentilah dari beraktifitas kemudian ambil waktu tidur atau beristirahat. Dengan tidur yang cukup, Anda memberi kesempatan tubuh untuk sembuh lebih cepat dan demam akan otomatis turun.

5. Meminum sari bawang putih

Bawang putih terdiri dari berbagai komponen antibakteri. Bawang mentah alami dipercaya bisa meredakan demam dengan cukup cepat dengan cara mengeluarkan banyak keringat dari dalam tubuh. Caranya, geprek satu siung bawang putih dan masukkan ke dalam secangkir air panas. Diamkan selama 10 menitan, baru saring dan minum sehari dua kali.

6. Minum air jahe

Jahe sudah terkenal sebagai bahan herbal yang bisa membantu meredakam demam, flu, juga radang tenggorokan. Caranya didihkan air, masukkan jahe juga air perasan lemon. Masak kemudian dinginkan, campur dengan madu. Minum ramuan ini sehari tiga kali untuk hasil maksimal menurunkan demam.

Demam biasanya bisa turun dengan cara-cara di atas, atau dengan mengonsumsi obat-obatan penurun panas. Namun Anda harus waspada dan segera berkonsultasi ke dokter ketika demam yang ada diikuti berbagai gejala seperti berikut:

1. Pada anak: terlihat lesu sepanjang hari, demam tak reda dalam tiga hari, demam tak turun dengan cara alami maupun obat-obatan kimia, anak menolak makan dan minum.

2. Pada dewasa: demam disertai sakit kepala hebat, ada ruam, sensitif terhadap cahaya terang, kekakuan leher, muntah, kesulitan bernapas, sakit pada dada, juga kejang.

Ketika beberapa gejala tersebut muncul, segera berlarilah ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.[]




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

JADWAL SHOLAT HARI INI


Kanan - Iklan 2Kanan - Iklan 1

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Berita Utama