Sekoci Kapsul Imigran Gelap di Pangandaran Dibiarkan Terbengkalai

By Polkrim News. 17 Okt 2020, 22:31:51 WIB Jabar
Sekoci Kapsul Imigran Gelap di Pangandaran Dibiarkan Terbengkalai

PANGANDARAN -Kapal sekoci berbentuk kapsul yang digunakan imigran gelap saat terdampar di pantai barat Pangandaran beberapa tahun lalu kini dibiarkan tak terawat di sekitar pelabuhan pendaratan ikan Cikidang Pangandaran.

Padahal sekoci berwarna oranye itu selama ini cukup menarik perhatian pengunjung. Bentuknya yang unik, kerapkali mengundang rasa penasaran pengunjung. Sejumlah warga menyarankan agar sekoci itu dimanfaatkan menjadi benda ikonik yang dimanfaatkan untuk kepentingan pariwisata. "Sayang jika dibuang seperti ini, jika dibersihkan kemudian diberi informasi atau sedikit narasi bisa menjadi daya tarik wisata. Buat berfoto juga bagus," kata Jajang Kodir, salah seorang warga Desa Babakan Kecamatan/Kabupaten Pangandaran, Sabtu (17/10/2020).

Dia mengaku sering ditanya pengunjung seputar kapal sekoci itu, tapi karena tak tahu detail dia menjawab seperlunya saja. "Ya kalau ada yang tanya saya jawab seadanya saja. Sepertinya akan bagus kalau dicat ulang, terus dijadikan tempat swafoto," kata Jajang.

Baca Lainnya :

Dilihat dari bagian kabin sekoci ini buatan Tiongkok tahun 2013 dengan ukuran panjang 9 meter dan lebar 3,5 meter terbuat dari bahan sejenis fiberglass.

Sekoci ini merupakan tipe JYB 85 F. Menurut beberapa nelayan, sekoci seperti itu biasa digunakan di kapal tanker sebagai sekoci penyelamatan atau rescue boat. Sekoci ini dibekali mesin pacu dan alat navigasi.

Sekoci ini diamankan polisi perairan setelah terdampat di pantai barat Pangandaran pada 2014 silam. Saat itu di dalamnya penuh sesak karena ditumpangi oleh 35 orang imigran gelap asal negara timur tengah.

"Iya dulu sekoci itu membuat heboh. Dulu saya masih jualan kopi di pinggir pantai. Tiba-tiba mendarat di pantai barat, malam hari. Terus penumpangnya turun, orang arab semua. Warga langsung lapor polisi," kata Dede "Kudel", pedagang pantai barat Pangandaran.

Dari beberapa informasi yang dihimpun, para imigran gelap tersebut awalnya diamankan petugas di pulau Christmas Australia. Mereka kemudian dibawa dengan kapal besar ke tengah laut. Setelah itu disuruh masuk sekoci kemudian diluncurkan ke arah Pangandaran. Setelah beberapa jam menempuh perjalanan mereka akhirnya menepi di pantai barat Pangandaran.[]




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

JADWAL SHOLAT HARI INI


Kanan - Iklan 1Kanan - Iklan 2Kanan - Iklan 3Kanan - Iklan 4

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Berita Utama