Jelang Hari Raya Nyepi Tahun Saka 942 Arakan Ogoh-ogoh di Batalkan

By Polkrim News 25 Mar 2020, 16:21:31 WIB Wisata
Jelang Hari Raya Nyepi Tahun Saka 942 Arakan Ogoh-ogoh di Batalkan

BARITO TIMUR,[POLKRIM]--,Seperti biasasetiap tahun sehari sebelumnya , warga umat Hindu di Desa Sumber Garunggung Kecamatan Dusun tengah  , melaksanakan  Ritual keagamaan dalam rangka menyambut hari raya NyepiTahun Baru Saka1942 yang dilanjutkan  dengan arakan ogoh - ogoh , namun tahun ini arakan ogoh - ogoh itu ditiadakan atau dibatalkan.

Dalam kegiatannya Tokoh adat Pure Jahon Ketut Sandiye .SP. kepada Polkrim mengatakan, kegiatan perayaan hari raya Nyepi tahun baru saka 942 yang bertepatan pula pada tanggal 25 maret 2020 dibatasi seperti arakan Ogoh - ogoh dibatalkan atau ditiadakan.

Hal tersebut sebagai bentuk kita menghormati dan mentaati peratuaran dan surat ederan dari pemerintah, untuk membatasi kerumunan atau perkum pulan dari orang banyak berkaitan dengan merembaknya wabah yang disebut virus covid - 19 (Corona) yang harus kita lawan melalui intropeksi diri kita sendiri terutama dalam hal kebersihan diri kita dan lingkungan.

Baca Lainnya :

Ditambahkan Ketut Sandiye SP, memang arakan ogoh - ogoh menjadi totonan orang banyak dan mengundang orang banyak , oleh kerenanya sangat berten tangan dengan aturan pemerintah saat ini berkaitan dalam upaya pencegahan menularnya covid - 19 yang disebut corona itu sehingga kegiatan tetap ber jalan sebatas ritual keagamaan saja.

 

Ketut Sandiye SP yang merupakan toko adat hindu ini juga menceritakan tengtang arti dari simbol ogoh - ogoh itu adalah merupakan, simbol perbuatan yang tidak baik atau perbuatan negatif, atau dengan kata lain BUTA KALA roh-roh yang bisa mengganggu kehidupan manusia yang harus kita lawan dan dimusnahkan.

Oleh kerenanya melalalui rangkaian keagamaan ini ogoh - ogoh ini dimusnahkan sehingga kita kembali ke pitrahnya manusia semula untuk memberikan keharmonisan baik kepada Tuhan yang maha esa, dengan masyarakat, atau dengan alam sekitarnya, termasuk kita melakukan perlawanan terhadap virus covid - 19 corona itu pungkasnya.[hajisurian/byt]




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

JADWAL SHOLAT HARI INI


Kanan - Iklan Sidebar2Kanan-Iklan PTQB RQV Indonesia

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Berita Utama