Realisasi BLT Desa Bakal Tak Sesuai Target

By Polkrim News. 13 Jul 2021, 00:07:15 WIB Ekonomi
Realisasi BLT Desa Bakal Tak Sesuai Target

JAKARTA - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memproyeksikan untuk realisasi transfer ke daerah dan dana desa (TKDD) tahun ini akan mencapai Rp770,8 triliun. Jumlah itu sekitar 96,9% dari target yang sebesar Rp795 triliun.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan penyaluran TKDD terutama dana alokasi khusus (DAK) fisik, DAK non-fisik, dan dana desa sangat dipengaruhi oleh kinerja daerah dalam memenuhi persyaratan penyalurannya. Persyaratan lengkap, penyalurannya pun lancar.

 “Pada semester I ada kesulitan dan ini memberikan sinyal kepada kita mengenai kapasitas daerah-daerah,” ujar Sri Mulyani dalam video virtual, Senin (12/7/2021).

Dia menyebutnya untuk BLT (bantuan langsung tunai) desa diperkirakan hanya akan terealisasi 69% dari total pagu pada tahun ini sebesar Rp 28,8 triliun. Dia meminta seluruh pihak untuk mengoptimalkan penyaluran BLT desa agar dapat menjadi bantalan sosial bagi masyarakat.

Baca Lainnya :

 “Kita meminta Kementerian Desa melakukan relaksasi dan akselerasi sehingga dana desa betul-betul bisa membantu masyarakat desa,” katanya.

Saat ini alokasi program perlindungan sosial sebesar Rp149,08 triliun untuk Program Keluarga Harapan (PKH) Rp28,31 triliun, bansos tunai Rp17,5 triliun, sembako Rp42,37 triliun, kartu prakerja Rp20 triliun, diskon listrik Rp7,58 triliun, subsidi kuota internet Rp3 triliun, BLT dana desa Rp28,8 triliun, dan iuran JKP Rp1,55 triliun.[]




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

JADWAL SHOLAT HARI INI


Kanan - Iklan 2Kanan - Iklan 1

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Berita Utama