Cara Mudah Turunkan Kolesterol Secara Alami

By Polkrim News. 19 Sep 2021, 00:20:25 WIB Kesehatan
Cara Mudah Turunkan Kolesterol Secara Alami

Banyak orang Indonesia yang memiliki kadar kolesterol tinggi, dan itu bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan termasuk strok dan penyakit jantung. Meski saat ini ada obat yang bisa membantu menurunkan kolesterol, namun ada juga cara alami yang bisa dicoba.

Apa saja cara alami dalam menurunkan kadar kolesterol? Berikut penjelasannya:

1. Makan karbohidrat kompleks

Baca Lainnya :

Mengonsumsi karbohidrat kompleks yang sehat adalah cara yang bagus untuk menurunkan kolesterol secara alami. Serat larut hanya ditemukan dalam makanan karbohidrat, seperti biji-bijian, buah dan sayuran.

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi 5-10 gram serat larut per hari dapat menurunkan total dan kolesterol LDL antara 5-11 poin. Cobalah tambahkan seperempat cangkir buncis ke menu salad Anda, dan nikmati beberapa buah beri dengan sepiring telur atau yoghurt untuk sarapan.

2. Konsumsi lemak omega-3

Anda mungkin menganggap lemak jenuh dan lemak trans buruk untuk kolesterol, padahal tidak semua lemak itu buruk. Beberapa lemak benar-benar terbukti menurunkan kolesterol.

Mengonsumsi lebih banyak lemak omega-3, yang ditemukan pada ikan berlemak dan biji rami, bisa meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Kandungannya membantu mencegah penumpukan plak.

Lemak tak jenuh ganda dan tak jenuh tunggal yang ditemukan dalam makanan nabati seperti alpukat dan kacang-kacangan, juga bisa mengurangi kolesterol jahat atau LDL. Makanan ini juga dikemas dengan serat, antioksidan, dan fitosterol, yang semuanya membantu menurunkan kolesterol dan melindungi tubuh dari peradangan.

3. Tetap aktif

Tingkat aktivitas fisik Anda sebenarnya dapat berdampak besar pada pembacaan kolesterol. Satu tinjauan utama dari studi terkait dari UK Active Research Institute menemukan bahwa naik-turunnya kolesterol LDL dan HDL sangat bergantung pada intensitas olahraga.

Mereka dengan kolesterol tinggi disarankan untuk berolahraga lima kali dalam sepekan. Durasi olahraga yang disarankan ialah lebih dari 30 menit.

Olah raganya bisa disesuaikan dengan keinginan, entah lari, senam, nge-gym , atau lainnya. Selain itu, olahraga teratur dapat membantu Anda mencapai berat badan sehat, yang merupakan kontributor utama lainnya untuk menurunkan kolesterol.

4. Setop minum alkohol

The American Heart Association (AHA) mengatakan bahwa minum alkohol terlalu banyak dapat meningkatkan kadar trigliserida dalam darah yang juga berpengaruh pada kolesterol. AHA juga mengatakan, minum alkohol terlalu banyak meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, strok, gagal jantung, dan peningkatan asupan kalori-- semuanya merupakan faktor yang memengaruhi kadar kolesterol.

5. Ikuti tren probiotik

Makanan fermentasi seperti kimchi dan kombucha banyak digemari karena banyak penelitian yang menyoroti pentingnya memiliki usus yang sehat. Mikrobioma dalam tubuh tidak hanya bertanggung jawab untuk meningkatkan pencernaan dan meningkatkan sistem kekebalan, tetapi juga dapat memengaruhi kolesterol.

Bakteri baik yang ditemukan dalam makanan probiotik membantu menurunkan kadar kolesterol, sementara kimchi khususnya, mengandung senyawa yang benar-benar dapat memblokir kolesterol agar tidak diserap ke dalam aliran darah. []




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

JADWAL SHOLAT HARI INI



Kanan - Iklan 2Kanan - Iklan 1

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Berita Utama