Cara Meningkatkan Kualitas dan Potensi Otak

By Polkrim News. 10 Sep 2021, 00:15:52 WIB Kesehatan
Cara Meningkatkan Kualitas dan Potensi Otak

Otak merupakan organ kecil seberat 1,5 kg yang sangat berpengaruh dalam kehidupan manusia, otak bertugas untuk memastikan setiap organ tubuh dapat berfungsi dengan baik. Otak merupakan perangsang yang menentukan bagaimana cara kita berfikir dan berinteraksi dengan orang lain, Otak akan mengirim pesan kepada anggota tubuh lainnya tentang sesuatu yang hendak dilakukan sehingga otot atau anggota tubuh akan menangkap pesan dan akan melakukan pesan yang dikirim oleh otak.

Otak sama halnya dengan anggota tubuh lainnya yaitu memerlukan latihan seperti layaknya otot. Dengan proses latihan secara rutin akan meningkatkan kinerja otak dan mengasah kecerdasan kita.

Baca Lainnya :

 

kiat-kiat meningkatkan kualitas otak, diantaranya:

1. Memenuhi kebutuhan gizi seimbang

Sekitar 20% energi tubuh di habiskan oleh otak untuk melakukan pekerjaan. Mengonsumsi karbohidrat dan glukosa dapat memberikan tenaga untuk merangsang kinerja otak. Sedangkan, Kecerdasan otak dapat ditingkatkan melalui pemenuhan gizi yang tepat, seperti makanan yang kaya akan omega-3. Selain itu, Protein dapat meningkatkan metabolisme dalam otak, dan vitamin B kompleks. Lalu, vitamin B12 dan vitamin D untuk mengembangkan saraf pusat. Jangan lupa, makanlah dengan teratur, Perbanyaklah mengonsumsi ikan, sayuran berkulit gelap, buah-buahan, biji-bijian dan asupan sehat lainnya.

2. Tidur yang cukup

Istirahat yang cukup berperan dalam menjaga fokus, dan kemampuan mengingat. Saat tidur tubuh memproduksi hormon yang berfungsi meregenerasi sel, pada saat yang sama otak juga merapikan dan mengelompokan memori dan kejadian sepanjang hari sehingga memori tersebut dapat bertahan lama dalam otak. Skala tidur yang cukup sekitar 7-9 jam dalam sehari, tidur yang berkualitas dapat membantu kita merasa lebih segar dan terhindar dari stress.

3. Olahraga secara rutin

Olahraga secara rutin tidak hanya dapat meningkatkan kebugaran tubuh, melainkan juga kebugaran otak, menjaga daya ingat dan konsentrasi tetap optimal. Olahraga secara teratur dapat merangsang perbaikan sel-sel saraf, memperlancar aliran darah, mengurangi peradangan, mengurangi resistensi insulin, dan merangsang pelepasan zat biokimiawi dalam tubuh. Adapun jenis olahraga yang mudah kamu lakukan untuk meningkatkan potensi otak adalah; jogging, jalan cepat, renang, senam dan aerobic.

4. Rajin membaca dan menulis

Membaca dapat menjadikan otak kita berlatih mengingat menggunakan alam bawah sadar kita, Teknik membaca lebih banyak mengajarkan mata bergerak cepat, karena dengan membaca akan melatih otak merekam dengan cepat setiap informasi yang telah dibaca serta akan melatih otak memahami materi. Sedangkan, menulis mampu mengembangkan kapasitas otak kita dan memicu otak melalui berfikir lebih banyak. Dengan menulis, berarti kita mengikat ilmu yang kita miliki agar abadi dan tidak terlupakan.

5. Melakukan senam otak atau brain workout

Olahraga otak dapat membantu dalam hal pemahaman, konsentrasi, berfikir secara abstrak, daya ingat, keletihan mental, kemampuan menyelesaikan tugas, keseimbangan fisik dan koordinasi. Dengan melakukan olahraga otak maka otak kanan dan kiri kita akan seimbang. Olahraga otak dapat dilakukan dengan menggerakan tubuh anda saat mempelajari sesuatu, diantaranya menggerakan semua indra, melatih intuisi, menggali ingatan, berlatih matematika dan bermain boardgames yang dapat mengasah otak, seperti; catur, puzzle teka-teki silang, dan sudoku.

6. Meditasi diri

 

Meditasi secara rutin dapat meningkatkan daya ingat, merasakan ketenangan, kedamaian, keseimbangan hidup dan memperpanjang telomerase atau struktur DNA yang menentukan usia sel. Stress yang berkepanjangan memberi dampak buruk bagi Kesehatan mental dan fungsi otak,. Maka, cara bermeditasi yang mudah dilakukan diantaranya; relaksasi, yoga, menikmati alam, menghirup aroma terapi, dan yang termudah dengan cara mengobrol dengan teman.

7. Mengasah hobi dan softskill yang dimiliki

Hobi yang ditekuni akan menciptakan pikiran yang positif, dengan menekuni hobi maka otak kita akan bekerja secara seimbang terhadap fisik kita, serta dapat meningkatkan fungsi kognitif atau memori, menjaga kesehatan otak, menghindari penuaan diri dan mengasah kecerdasan otak.[]




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

JADWAL SHOLAT HARI INI



Kanan - Iklan 2Kanan - Iklan 1

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Berita Utama