7 Fraksi Laporkan Ketua DPRD ke BK, Tolak Interpelasi Anies

By Polkrim News. 29 Sep 2021, 01:36:39 WIB Metropolitan
7 Fraksi Laporkan Ketua DPRD ke BK, Tolak Interpelasi Anies

JAKARTA -- Tujuh fraksi yang menolak interpelasi terhadap Gubernur Anies Baswedan melaporkan Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetio Edi Marsudi, ke Badan Kehormatan (BK) DPRD DKI. Tujuh fraksi menduga ada pelanggaran administrasi terkait pelaksanaan paripurna untuk membahas interpelasi terhadap Anies Baswedan terkait pelaksanaan Formula E yang digelar pada Selasa (28/9) hari ini.

Ketua Fraksi Golkar DPRD DKI Jakarta, Basri Baco, mengatakan pelaporan itu telah disampaikan seizin dari tujuh ketua fraksi dan empat wakil ketua yang juga hadir. "Sebagai bentuk tanggung jawab kami untuk menjaga agar lembaga terhormat ini tetap berjalan dengan baik, maka kita punya kewajiban untuk mengingatkan siapapun yang melanggar ketentuan dan aturan main," kata Basri saat melaporkan Prasetio ke BK DPRD DKI, Selasa (28/9).

Berdasarkan pemaparannya, tujuh fraksi DPRD DKI Jakarta menduga jika ada pelanggaran administrasi menyoal undangan badan musyawarah sebelumnya terjadi. Termasuk, pelaksanaan paripurna hari ini (28/9) soal bahasan interpelasi Formula E, yang tidak sesuai dengan ketentuan.

Baca Lainnya :

"Maka BK-lah tempat kita untuk menyampaikan, Alhamdulillah, sudah diterima dan sesuai. Tadi ketua BK sudah menyampaikan bahwa dalam waktu yang sesingkat-singkatnya akan segera diproses seperti itu," ucapnya.

Di lokasi sama, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, M Taufik, menegaskan jika yang dilaporkan pihaknya hanya seorang, Ketua DPRD DKI, Prasetio Edi Marsudi.  Ditanya perihal penjelasan sidang Bamus sebelumnya yang diklaim memuat dua surat undangan, termasuk untuk interpelasi, Taufik menampiknya.

"Saya kira (pernyataan) Sekwan soal itu ngibul. Enggak ada surat. Itu surat keluar setelah acara bamus selesai, jadi disusulkan," jelas Taufik.

Sementara itu, Ketua Badan Kehormatan DPRD DKI, Achmad Nawawi, menerima baik laporan dari tujuh fraksi itu terhadap Prasetio. Menurut Nawawi, pihaknya akan melakukan tindak lanjut menyusul laporan tersebut.

"Tapi kita tunggu saja, karena kami BK itu anggotanya merupakan seluruh anggota fraksi, utusan fraksi itu ada semua," ucapnya.

Kendati demikian, dia menjanjikan akan menyampaikan laporan itu di hadapan sembilan anggota BK. Setelah uji kelayakan dilakukan, pihaknya akan menyimpulkan apakah pemanggilan terhadap Prasetio perlu dilakukan. Sebagai informasi, tujuh fraksi yang melaporkan Prasetio Edi adalah Golkar, Gerindra, PKS, Nasdem, Demokrat, PAN, PKB-PPP.[]




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

JADWAL SHOLAT HARI INI



Kanan - Iklan 2Kanan - Iklan 1

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Berita Utama