TMII Diambil Negara, Mensesneg Jamin Hak Karyawan

By Polkrim News. 08 Apr 2021, 00:20:46 WIB Nasional
TMII Diambil Negara, Mensesneg Jamin Hak Karyawan

JAKARTA,--Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno memastikan seluruh karyawan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) akan tetap mendapatkan hak mereka sebagai karyawan meski kawasan wisata berbasis edukasi budaya itu telah diambil alih pemerintah.

Sebelumnya, TMII yang merupakan aset negara itu dikelola oleh Yayasan Harapan Kita milik Keluarga Cendana selama kurang lebih 44 tahun. Melalui Peraturan Presiden Nomor 19 Tahun 2021 tentang TMII, Presiden Joko Widodo mengambil kembali hak pengelolaan TMII dari yayasan tersebut.

"Staf (karyawan) kerja biasa tetap mendapat hak keuangan dan fasilitas seperti biasa, enggak ada yang berubah," kata Pratikno saat menyampaikan konferensi pers secara daring, Rabu (7/4).

Baca Lainnya :

Dia juga memastikan selama masa transisi pengelola dengan tenggat waktu tiga bulan bagi Yayasan Harapan Kita untuk menyerahkan semua laporan dan dokumen berkaitan pengelolaan TMII ini, kawasan tersebut tak akan ditutup.

Kata Pratikno, Taman Mini Indonesia Indah yang berdiri di lahan seluas kurang lebih 146,7 hektare itu akan tetap beroperasi seperti biasa.

"Dalam masa transisi ini Taman Mini tetap beroperasi seperti biasa," kata dia.

Sebaliknya, tim transisi yang dibentuk pemerintah juga akan diberi tugas untuk mencari ide terkait inovasi dalam hal pengelolaan manajemen dan kesejahteraan yang baik bagi para karyawan di TMII.

"Sehingga bisa memberi kontribusi yang signifikan baik bagi masyarakat juga untuk pemerintah," katanya.

Ke depan, kata Pratikno, kawasan TMII akan diperbaiki sebagaimana yang telah dilakukan pemerintah terhadap dua aset negara lain yakni Taman Golf Kemayoran dan kawasan Gelora Bung Karno.

Taman Mini, kata dia, bisa dijadikan culture theme park dengan standar internasional untuk mengenalkan budaya-budaya Indonesia dalam satu kawasan.

"Kami akan tetap komitmen kawasan ini tetap jadi pelestarian dan pengembangan budaya bangsa dan sarana edukasi bermatra budaya nusantara sebagaimana yang sudah ada," kata dia.

"Tapi perlu dioptimalkan, bisa menjadi culture theme park tang standar internasional. Kita harap bisa jadi jendela Indonesia di mata inter," tandasnya.[]




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

JADWAL SHOLAT HARI INI


Kanan - Iklan 2Kanan - Iklan 1Kanan - Iklan 3

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Berita Utama