BBPLK Bandung Targetkan Minimal 70 Persen Peserta Pelatihan Terserap oleh Industri

By Polkrim News. 10 Apr 2021, 08:49:39 WIB Jabar
BBPLK Bandung Targetkan Minimal 70 Persen Peserta Pelatihan Terserap oleh Industri

BANDUNG - Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Bandung menargetkan minimal 70 persen peserta pelatihannya terserap oleh industri. 

Ketua BBLK Bandung, Aan Subhan, mengatakan, target tersebut dinilai realistis mengingat saat ini BBPLK Bandung bersinergi dengan Forum Komunikasi Lembaga Pelatihan dengan Industri (FLKPI) Bandung yang baru dikukuhkan di Jalan Aceh, Kota Bandung, Jumat (9/4/2021).

Aan Subhan mengatakan, BBPLK memberikan pelatihan kepada ribuan masyarakat untuk disalurkan ke berbagai industri setiap tahun.

Baca Lainnya :

"Jadi target kami sebenarnya penempatan 70 persen dari yang sudah kami latih. Kalau itu sudah tercapai, kami berharap bisa sampai 100 persen. Saya minta kepada teman-teman di FKLPI, angka 70 persen ini bisa tembus dulu, kalau bisa lebih," ujar Aan setelah pengukuhan FKLPI, di Jalan Aceh, Kota Bandung, Jumat (9/4/2021).

Aan mengatakan, dengan adanya FLKPI ini nantinya dapat membuat perencanaan terkait program-program pelatihan yang sinergi dengan idustri. Jangan sampai, kata dia, peserta yang sudah mengikuti pelatihan ini nganggur.

"Industri juga membutuhkan tenaga kerja yang kompeten, harapannya setelah diberikan training di kita mereka bisa digunakan untuk bekerja di industri," katanya.

Para pengurus FLKPI baru ini, kata dia, terdiri atas 30 industri seperti manufaktur, otomotif, IT, dan refrigasi yang sejalan dengan paket pelatihan di BBPLK Bandung.

"Kami berharap tahun depan akan bertambah lagi, bahkan kami memang ingin mencapai sampai 200-300 industri supaya BBPLK Bandung ini bisa bekerja sama dengan industri," ucapnya.

Kingwan, Ketua FKLPI terpilih, mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan segera melakukan rapat koordinasi internal bersama pengurus baru untuk membuat rencana kerja tahunan.

Terkait serapan tenaga kerja, Kingwan mengatakan, 30 industri yang ada ini FLKPI ini rata-rata sudah bekerja sama dengan BBPLKI.

Jadi, kata dia, kontribusi dari anggota bisa membantuk dalam menyerap tenaga kerja.

"Hanya saja mungkin ada beberapa kompetensi dari teman-teman BBPLKI yang belum sesuai dengan kompetensi industri. Itu menjadi PR kita bagaimana agar semuanya match, karena tidak hanya skill, attitude dan mental juga penting untuk masuk industri," ujar Kingwan.

Yosminaldi, Wakil Ketua FKLPI Pusat, menambahkan, dengan dikukuhkannya FKLPI Bandung, ia optimistis lebih proaktif dan berimisiatif dalam mempromosikan BBPLK ke industrinya masing-masing.

"Insyaallah saya yakin akan lebih baik dari sebelumnya. Mereka harus membantu mempromosikan BBPLK. Apa saja programnya, bagaimana kompetensi lulusannya. Mereka ini sudah siap pakai, karena mengikuti program kurikulum nasional dan bersertifikasi, tinggal bagaimana menyosialisasikan ke dunia industri," ujar Yosminaldi. (*)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

JADWAL SHOLAT HARI INI


Kanan - Iklan 2Kanan - Iklan 1Kanan - Iklan 3Kanan - Iklan 4Kanan - Iklan 5Kanan - Iklan 6

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Berita Utama