Lima Pilihan Sarapan untuk Penderita Diabetes

By Polkrim News 24 Agu 2020, 00:40:32 WIB Kesehatan
Lima Pilihan Sarapan untuk Penderita Diabetes

Sarapan penting bagi semua orang, termasuk bagi penderita diabetes. Namun bagi penderita diabetes, menu sarapan harus benar-benar dipilah karena dapat berdampak pada kadar gula darah mereka.

Diabetes adalah suatu kondisi yang membutuhkan perawatan konstan dan teratur. Ketidakseimbangan kadar gula darah berkepanjangan dapat menyebabkan komplikasi yang parah seperti penyakit jantung, kerusakan organ vital dan lainnya. Orang dengan diabetes juga telah termasuk dalam kategori rentan Covid-19.

Jadi pastikan menu sarapan harus bergizi, mengandung serat, protein, dan rendah karbohidrat untuk memastikan kadar gula darah tetap dalam batas normal. berikut 5 pilihan sarapan untuk penderita diabetes

Baca Lainnya :

1. Smoothie

Smoothie buah seperti pisang, beri, pepaya, dan lainnya adalah pilihan sarapan yang baik untuk penderita diabetes. Selain mudah dibuat, smoothie juga memberikan nutrisi dan serat yang cukup bagi tubuh. Smoothie pun kaya akan gula alami yang dapat membantu memberikan jumlah karbohidrat yang tepat bagi penderita diabetes, tanpa harus mengonsumsi gula tambahan.

2. Oat

Oat adalah salah satu makanan yang paling mengandung serat. Oat bisa dinikmati dengan menambahkannya ke smoothie, atau hanya oat. Sarapan oat dapat membantu mengatur kadar gula darah, juga memberi rasa kenyang. Oat juga dianggap sebagai salah satu pilihan sarapan paling sehat untuk menurunkan berat badan.

3. Omelet

Omelet cukup populer di masyarakat Indonesia. Bahannya juga murah dan mudah didapat. Omelet kaya akan protein, sehingga cocok dijadikan sarapan bagi penderita diabetes. Agar lebih sempurna bisa dilahap dengan sepotong roti, atau menambahkan sayuran bergizi seperti tomat, bawang bombay, wortel, jamur, dan lainnya ke dalam adonan omelet.

4. Kacang

Kacang adalah makanan dengan indeks glikemik (GI) rendah, sehingga aman dikonsumsi penderita diabetes. Mencampurkan sayuran dengan kacang juga dapat membantu meningkatkan nilai gizi, dan memberikan lebih banyak serat bagi tubuh.

5. Poha

Ini merupakan salah satu sarapan paling populer di India. Poha terbuat dari beras atau beras merah yang dihancurkan sehingga kaya serat. Anda juga bisa menambahkan sayuran pilihan ke dalamnya. Poha juga merupakan makanan probiotik yang baik, yang memastikan pencernaan lebih baik dan usus yang sehat.[]




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

JADWAL SHOLAT HARI INI


Kanan - Iklan Sidebar1Kanan - Iklan PP

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Berita Utama