Kolesterol Tinggi Menyebabkan Rasa Sakit di Bagian Tubuh Ini

By Polkrim News. 10 Okt 2021, 00:40:41 WIB Kesehatan
Kolesterol Tinggi Menyebabkan Rasa Sakit di  Bagian Tubuh Ini

Kolesterol tinggi akan menimbulkan gejala berupa rasa sakit di berbagai area tubuh. Biasanya rasa sakit muncul di empat bagian tubuh yang bisa menjadi indikator risiko utama dan tidak boleh diabaikan.

Kolesterol tinggi meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit arteri koroner. Di mana gejalanya berupa rasa sakit di salah satu bagian tubuh seperti leher, rahang, perut atas dan punggung.

Baca Lainnya :

Menganalisis hubungan antara lipid serum dan nyeri punggung bawah. Penelitian ini melibatkan orang dewasa berusia antara 40 dan 64 tahun yang menjalani pemeriksaan kesehatan tahunan. Sebanyak 258.367 peserta yang memenuhi syarat dianalisis untuk menyelidiki hubungan nyeri punggung bawah dengan kolesterol lipoprotein densitas rendah (LDL-C), kolesterol lipoprotein densitas tinggi (HDL-C), dan rasio LDL-C/HDL-C.

Studi ini menemukan bahwa rasio HDL-C rendah dan rasio LDL-C/HDL-C tinggi secara signifikan terkait dengan nyeri punggung bawah yang mengindikasikan kadar kolesterol tinggi.

Jika arteri yang memasok darah ke jantung Anda (arteri koroner) terpengaruh, Anda akan merasakan nyeri di bagian tubuh yang berbeda dan gejala penyakit arteri koroner lainnya.

Bagian tubuh lain yang mulai terasa sakit karena kadar kolesterol tinggi termasuk kaki dan tangan. "Penumpukan kolesterol dapat menyumbat pembuluh darah kaki dan tangan. Penumpukan kolesterol ini dapat terjadi terus menerus dan membuat tangan dan kaki terasa sakit.

Apabila Anda merasakan sakit pada bagian kaki, terutama di bagian tumit, Anda perlu segera melakukan cek kadar kolesterol.  Bisa jadi rasa sakit tersebut adalah alarm bahwa Anda memiliki kadar koleterol yang tinggi.

Gejala kolesterol tinggi

Berikut ini 4 gejala atau tanda yang berhubungan dengan kondisi kolesterol tinggi.

1. Sakit saat naik tangga

2. Nyeri di tumit setelah beraktivitas fisik

3. Bengkak di tumit

4. Rasa lemas di kaki bagian bawah.

Saat seseorang mengonsumsi terlalu banyak lemak, maka ia berpotensi mengalami kolesterol tinggi. Kondisi ini ditandai dengan banyaknya zat lemak atau kolesterol dalam darah dan menyebabkan penyumbatan.Jika darah tersumbat, maka dapat memicu stroke atau serangan jantung.

Tendon Achilles meradang dan iritasi, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Lipids in Health and Disease menyebutkan ciri utama seseorang mengalami kolesterol tinggi yakni munculnya tendon achilles yang meradang dan teriritasi.Kondisi meradang ini biasanya ditandai dengan muncul benjolan kecil.

Tendon achilles adalah jaringan atau otot berserat kuat yang menghubungkan otot-otot di bagian belakang betis ke tulang tumit. Jika meregangkan tendon Achilles secara berlebihan, hal itu bisa robek (pecah).Kondisi ini juga merupakan ciri umum dari xanthomas tendon, timbunan kolesterol dalam tendon.

Berapa kadar kolesterol orang dewasa? Tingkat kolesterol yang sehat tidak banyak berbeda untuk orang dewasa pada umumnya. Variasi level yang direkomendasikan cenderung berubah karena kondisi dan pertimbangan kesehatan lainnya.

LDL dan HDL

Ada dua jenis kolesterol yang terdapat di dalam tubuh, yakni high-density lipoprotein (HDL) atau kolesterol "baik", dan low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol "jahat".

Kedua jenis kolesterol tersebut dibutuhkan oleh tubuh agar berfungsi optimal.Namun, jika kadarnya terlalu tunggu justru akan menimbulkan masalah kesehatan.

Perbedaan kolesterol baik dan jahat Kadar kolesterol LDL atau kolesterol jahat yang terlalu tinggi bisa menyebabkan penyempitan dan penyumbatan di pembuluh darah. Kondisi ini bisa mengurangi aliran darah dan meningkatkan risiko serangan jantung atau stroke.

Sedangkan HDL atau kolesterol baik berfungsi untuk mengangkut kolesterol LDL dari darah ke hati dan memecahnya agar menjadi limbah yang dibuang dari tubuh.

Itu sebabnya, HDL disebut juga sebagai kolesterol baik.Berbeda dengan LDL, kadar kolesterol HDL yang tinggi justru bisa mengurangi risiko penyakit jantung.

Kadar kolesterol   Agar kesehatan jantung dan organ lain aman, kadar kolesterol LDL Anda harus kurang dari 100 mg/dL. Kadar 100-129 mg/dL pada seseorang yang tidak memiliki masalah kesehatan mungkin lebih mengkhawatirkan bagi mereka yang memiliki penyakit jantung atau faktor risiko penyakit jantung.

Adapun batas tinggi pembacaan LDL yakni 130-159 mg/dL.Sedangkan pembacaan 160-189 mg/dL adalah level LDL tinggi, dan pembacaan 190 mg/dL adalah level LDL sangat tinggi.Untuk HDL memang dijaga lebih tinggi, berkebalikan dengan LDL.

HDL dengan angka kurang dari 40 mg/dL dianggap sebagai faktor risiko utama penyakit jantung. Pembacaan angka 41-59 mg/dL dianggap sebagai batas rendah HDL.Sedangkan, pembacaan optimal untuk kadar HDL adalah 60 mg/dL atau lebih tinggi.[]

 

<!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; mso-para-margin-top:0cm; mso-para-margin-right:0cm; mso-para-margin-bottom:10.0pt; mso-para-margin-left:0cm; line-height:115%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri","sans-serif"; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-bidi-font-family:"Times New Roman"; mso-bidi-theme-font:minor-bidi; mso-ansi-language:EN-US; mso-fareast-language:EN-US;} </style> <![endif]-->




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

JADWAL SHOLAT HARI INI



Kanan - Iklan 2Kanan - Iklan 1

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Berita Utama