Cara Simpan Labu Kuning, Agar Tahan Lama dan Tidak Busuk

By Polkrim News. 27 Apr 2021, 13:09:36 WIB Kesehatan
Cara Simpan Labu Kuning,  Agar Tahan Lama dan Tidak Busuk

Labu kuning atau waluh bisa dimasak menjadi beragam hidangan. Ukuran labu kuning biasanya cukup besar, sehingga dapat dimasak beberapa kali. Guna menjaga kesegarannya, labu kuning harus disimpan dengan benar.

Baik labu yang masih utuh atau yang sudah dikupas. Berikut cara menyimpan labu kuning supaya awet melansir dari laman All Recipes dan Mashed.

1. Cuci permukaan kulitnya

Baca Lainnya :

Salah satu trik untuk menjaga kesegaran labu kuning utuh ialah dengan mencucinya. Cuci permukaan labu kuning dengan satu sendok pemutih yang diberi dilarutkan dengan lima liter air. Bilas lalu keringkan secara menyeluruh. Cara ini bisa menghilangkan bakteri, jamur, dan kotoran yang penyebabkan labu cepat busuk.

2. Simpan di suhu ruangan

Cara menyimpan labu kuning utuh yang paling dianjurkan ialah dengan menaruhnya di suhu ruangan, sekitar 10-16 derajat celcius. Suhu kulkas yang terlalu dingin dapat memicu kerusakan daging labu, sehingga membuatnya cepat busuk.

Sebagai gantinya, simpanlah labu kuning di tempat sejuk dan gelap seperti dapur, garasi, atau lemari. Jika disimpan dengan cara ini, labu kuning segar dapat bertahan hingga tiga bulan. Jangan lupa cek kelembapan udara di tempat penyimpanan secara berkala untuk memastikan labu tidak busuk.

3. Labu segar bisa dibekukan

Labu yang sudah dikupas bisa disimpan dan dibekukan di freezer. Cara ini dapat membuat labu bertahan sekitar empat bulan. Namun rasanya tidak sesegar labu yang baru dikupas. Untuk membekunya, kupas labu mentah dan keluarkan bijinya. Lalu, potong dengan ukuran dua sampai tiga sentimeter. Bagi potongan labu menjadi beberapa porsi, kemudian simpan di dalam kantung zip lock . Jangan kemas terlalu rapat supaya potongannya tidak saling menempel. Bekukan labu kuning agar lebih awet.

4. Simpan di kulkas

Labu kuning yang baru dipotong bisa disimpan di wadah kedap udara atau dibungkus menggunakan plastic wrap. Belah labu kuning menjadi beberapa bagian, lalu bungkus dengan plastic wrap atau masukkan dalam wadah kedap udara. Masukkan labu kuning di kulkas agar tidak cepat busuk. Labu kuning segar yang disimpan di kulkas dapat digunakan hingga tiga sampai tujuh hari.

5. Cara menyimpan labu yang sudah dimasak

Cara menyimpan labu yang sudah dimasak berbeda dengan menyimpan labu segar. Labu yang sudah dimasak bisa disimpan di wadah kedap udara dan dimasukkan ke dalam kulkas. Cara ini dapat membuat labu kuning bertahan hinggas satu minggu.

6. Cara menyimpan labu kuning yang sudah dihaluskan

Labu kuning bisa digunakan untuk membuat MPASI. Labu kuning yang digunakan untuk MPASI biasanya dihaluskan terlebih dulu. Labu kuning yang sudah dihaluskan bisa dibekukan di freezer.

Kemas labu kuning halus dalam kantung freezer kecil atau cangkir sekali pakai. Kemudian, bekukan supaya lebih awet. Jika menggunakan kantung freezer, baiknya sisakan udara di kemasannya. Tujuannya agar labu kuning lebih mudah dicairkan.[]




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

JADWAL SHOLAT HARI INI


Kanan - Iklan 2Kanan - Iklan 1Kanan - Iklan 3Kanan - Iklan 4Kanan - Iklan 5Kanan - Iklan 6

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Berita Utama