Uji Klinis III Vaksin Covid-19, Tak Ada Efek Samping Serius yang Dialami Relawan

By Polkrim News. 12 Des 2020, 22:48:43 WIB Kesehatan
Uji Klinis III Vaksin Covid-19, Tak Ada Efek Samping Serius yang Dialami Relawan

JAKARTA - Tim Mikrobiologi Uji Klinis Vaksin Covid-19 Universitas Padjadjaran (Unpad) dr. Sunaryati Sudigdoadi menyebutkan tidak ada efek samping yang serius pada relawan uji klinis fase III vaksin Covid-19 .

"Sejauh ini, alhamdulillah setelah kita amati juga mengenai efek samping dan sebagainya yang kita amati tidak sampai serius dan sebagainya. Tidak ada efek serius. Selama ini tidak ada laporan yang seperti itu," tegas Sunaryati, Sabtu (12/12/2020).

Sunaryati mengatakan, sebanyak 1.620 relawan telah dilakukan penyuntikan vaksin Covid-19 sebanyak dua kali. "Relawan sudah melakukan penyuntikan kedua kali, jadi tinggal menunggu saja hasilnya," katanya.

Baca Lainnya :

Sunaryati pun menegaskan pihaknya terus melakukan pengawasan terhadap gejala yang dialami oleh relawan bahkan, juga rutin dilakukan pemeriksaan PCR. "Bahkan kita juga lakukan pemeriksaan PCR dan sebagainya, itu baru nanti akan dikeluarkannya pada akhir Januari tersebut," tegasnya.

Selain itu, Sunaryati menegaskan bahwa hasil evaluasi uji klinis fase III vaksin Covid-19 akan dilaporkan pada akhir Januari. "Secara akhir memang nantinya akan dilaporkan, karena selain dengan melihat imunogenitasnya tentunya akan diukur berapa kadar antibodinya, kemudian dan keamanan juga dinilai. Tentunya di akhir bulan Januari bisa dipublikasikan," katanya.[]




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

JADWAL SHOLAT HARI INI


Kanan - Iklan 2Kanan - Iklan 1Kanan - Iklan 3

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Berita Utama