Mengatasi Kulit Belang Karena Terbakar Matahari dengan Lulur Alami

By Polkrim News. 23 Agu 2021, 00:19:06 WIB Kesehatan
Mengatasi Kulit Belang Karena Terbakar Matahari dengan Lulur Alami

Di negara tropis seperti Indonesia, sengatan matahari terasa lebih membakar dan menyakiti kulit. Bagi Anda yang sering beraktivitas di luar ruangan, problema kulit belang sudah menjadi hal yang wajar. Biasanya, hiperpigmentasi karena sengatan matahari ini terjadi di area yang tak tertutup kain seperti punggung tangan dan bagian atas telapak kaki. Warna kulit yang belang dan terlihat kontras ini tentu saja sangat mengganggu penampilan.

Tangan dan kaki Anda tak akan terlihat mulus sempurna dalam warna aslinya. Untuk mengatasi ini, Anda tak membutuhkan skin care atau krim perawatan kulit yang serba mahal dan wah. Cukup gunakan 5 lulur alami ini, yang sudah terbukti efektif mengurangi efek kerusakan kulit akibat sengatan matahari.

Baca Lainnya :

1. Lulur yoghurt dan bubuk kunyit

Yoghurt mengandung probiotik yang bisa melembabkan dan mencerahkan kembali sel-sel kulit yang kering. Sedangkan kunyit mengandung antioksidan yang bisa mengurangi hiperpigmentasi pada kulit. Campuran dari keduanya bisa digunakan mencerahkan kembali kulit yang belang akibat terbakar matahari.

Campurkan keduanya dalam mangkuk, kemudian oleskan di tangan atau kaki yang belang. Tunggu 20 menitan, baru bilas dengan air bersih. Lakukan terapi ini setiap hari agar proses memperbaiki sel kulit mati bisa berjalan cepat dan maksimal.

2. Lulur sari lemon

Kandungan lemon yang paling banyak adalah vitamin C, dan vitamin C adalah unsur penting yang digunakan kulit untuk memperbaiki sel-sel kulit mati. Selain itu, sari lemon juga bisa melindungi kulit dari bahaya sinar UV matahari, bekerja layaknya tabir surya.

Untuk pengaplikasiannya, campurkan perasan lemon di semangkuk air hangat. Kemudian rendam tangan di dalamnya selama 20 menitan. Bersihkan tangan menggunakan air dingin, dan lapisi dengan pelembab agar tak kering. Kandungan zat asam yang sangat tinggi pada lemon bisa menyebabkan kulit menjadi jauh lebih kering.

3. Lulur pasta almond

Seperti kedelai, almond mengandung banyak nutrisi yang bisa menyehatkan kulit. Jadi ketika kulit tangan Anda rusak karena sinar matahari, ambil 5 hingga 6 butir almond dan rendamlah di air bersih selama semalaman.

Paginya, blender almond dengan sedikit susu segar hingga menjadi pasta, simpan di dalam lemari pendingin. Malamnya, oleskan pasta ke seluruh tangan dan kaki yang menghitam, dan biarkan semalaman suntuk. Paginya baru bilas dengan air bersih.

4. Lulur lidah buaya

Zat antioksidan pada gel lidah buaya bisa menyegarkan kembali kulit yang kusam dan mengembalikan warnanya ke kondisi yang normal. Metode menggunakan lidah buaya lebih sederhana. Menjelang tidur, ambil gel lidah buaya dan oleskan merata ke tangan dan kaki yang belang. Paginya, baru cuci tangan menggunakan air bersih.

5. Lulur mentimun

Mentimun bisa mengembalikan kesegaran dan kekenyalan kulit yang kering dan kusam karena paparan sinar matahari. Untuk membuat lulur mentium, cukup blender mentimun dan tetesi dengan beberapa sendok perasan lemon. Oleskan lulur ke sekujur kulit yang menghitam, biarkan kering semalaman. Paginya, bilas dengan cara mandi dengan air dingin. Kelima bahan lulur di atas sangat efektif mengembalikan warna kulit ke kondisi normal. Jadi kini Anda tak perlu lagi takut beraktivitas di udara bebas.[]




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

JADWAL SHOLAT HARI INI



Kanan - Iklan 2Kanan - Iklan 1

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.