Lulusan SMA Sederajat Dominasi Pemohon Kartu Kuning di Cimahi

By Polkrim News. 24 Okt 2021, 00:20:06 WIB Jabar
Lulusan SMA Sederajat Dominasi Pemohon Kartu Kuning di Cimahi

CIMAHI - Jumlah pencari kerja (pencaker) di Kota Cimahi yang mengajukan permohonan pembuatan Kartu Kuning AK2 sejak Januari-September 2021 sebanyak 1.063 orang.

Rinciannya di Januari ada 168 orang, Februari 82, Maret 98, April 31, Mei 85, Juni 260, Juli 70, Agustus 114, dan September 155.

Baca Lainnya :

"Jumlah pemohon AK2 cukup banyak, tapi pada saat momen kelulusan sekolah biasanya meningkat signifikan," sebut Kepala Bidang Penempatan Pelatihan Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Disnaker Kota Cimahi, Teja Dahliawati, Sabtu (23/10).

Berdasarkan data yang tercatat, dari jumlah pencari kerja selama sembilan bulan, lulusan SMU sederajat paling mendominasi yakni sebanyak 896. Kemudian disusul lulusan S1/S2 sebanyak 68. Lalu ada lulusan D3/D4 sebanyak 47, D1/D2 ada 7, SMP ada 40, dan SD 6.

Itu mengindikasikan, ternyata bukan hanya lulusan SMA atau perguruan tinggi saja yang mencari kerja. Melainkan ada lulusan SMP dan SD yang tercatat mengajukan permohonan pembuatan AK2 yang menjadi salah satu syarat melamar pekerjaan.

Diakuinya, pengajuan AK2 dari pencari kerja di Kota Cimahi tahun ini memang trennya cenderung tidak mengalami peningkatan signifikan. Salah satu penyebabnya karena iklim perusahaan atau industri yang tak mendukung akibat hantaman pandemi COVID-19.

Menurutnya, tren lulusan sekolah saat ini tidak lagi menjadikan perusahaan sebagai tujuan utama untuk mencari nafkah. Banyak lulusan yang memilih untuk membuka peluang usaha sendiri di berbagai bidang. Iklim usaha seperti itu cukup baik, mengingat keterbatasan lowongan pekerjaan yang ada.

"Melihat fenomena itu kami banyak melaksanakan kegiatan pelatihan yang difokuskan pada para pekerja agar mereka bisa menjadi wirausaha dan menciptakan lapangan pekerjaan sendiri," tandasnya.[]




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

JADWAL SHOLAT HARI INI



Kanan - Iklan 2Kanan - Iklan 1

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.