Manfaat Infused Water Lemon untuk Kesehatan

By Polkrim News. 20 Apr 2021, 18:34:42 WIB Kesehatan
Manfaat Infused Water Lemon untuk Kesehatan

Banyak orang menjadikan infused water sebagai salah satu alternatif ketika malas atau kurang berselera untuk mengonsumsi air putih. Proses pembuatannya yang gampang, tampilannya yang lebih menarik, dan rasanya yang unik menjadikan infused water banyak digemari.

Salah satu infused water yang banyak dikonsumsi orang-orang adalah infused water lemon. Mengonsumsi lemon memang menyehatkan. Tapi apakah menambahkannya ke dalam air putih dan megonsumsinya bisa membuat kita lebih sehat?

Sebenarnya hanya sedikit penelitian ilmiah yang telah dilakukan secara khusus pada air lemon atau infused water lemon. Lebih banyak penelitian tersedia membahas manfaat lemon dan air putih secara terpisah.

Baca Lainnya :

Berikut ini adalah beberapa potensi manfaat infused water lemon yang bisa diperoleh tubuh:

1. Mendukung tubuh tetap terhidrasi

Kebutuhan cairan tiap orang memang bisa berbeda-beda. Tapi secara umum, orang dewasa disarankan untuk dapat mengonsumsi air putih sekitar delapan gelas berukuran 230 ml per hari atau total 2 liter. Air putih adalah pilihan minuman terbaik untuk menghidrasi tubuh. Namun, beberapa mungkin orang tidak menyukai rasanya sendiri. Menambahkan lemon pun dianggap bisa meningkatkan rasa air putih, yang dapat membantu orang-orang minum lebih banyak air.

Sebagai catatan, selain dari minuman, cairan juga bisa diperolehdari asupan makanan. Makanan bisa memberikan asupan cairan pada tubuh sekitar 20 persen. Cairan dari makanan terutama diperoleh dari buah dan sayur. Jadi, Anda tetap perlu mengonsumsi makanan sehat ini untuk mendukung pemenuhan cairan tubuh.

2. Sumber vitamin C yang baik

Buah jeruk seperti lemon telah terbukti kaya akan vitamin C, antioksidan utama yang membantu melindungi sel dari radikal bebas. Seperti diketahui, radikal bebas apabila tidak ditangani oleh tubuh, bisa memicu datangnya berbagai penyakit kronis. Antioksidan juga bermanfaat bagi tubuh untuk mencegah terjadinya molekul tidak stabil yang diproduksi tubuh sebagai reaksi terhadap tekanan lingkungan maupun faktor lainnya.

Konsumsi infused water lemon ini pun dianggap dapat meningkatkan kekebalan atau daya tahan tubuh. Jika imunitas membaik, maka banyak penyakit yang bisa ditangkal oleh tubuh. Meskipun tidak termasuk dalam daftar buah jeruk yang tinggi vitamin C, lemon masih merupakan sumber yang baik. Sari satu buah lemon dapat menyediakan sekitar 18,6 miligram vitamin C. Angka ini sekitar ¼ dari jumlah kebutuhan harian vitamin C yang direkomendasikan untuk orang dewasa, yakni 65 hingga 90 miligram.

3. Mendukung penurunan berat badan

Penelitian telah menunjukkan bahwa antioksidan polifenol yang ditemukan dalam lemon secara signifikan dapat mengurangi penambahan berat badan pada tikus yang diberi makan berlebihan untuk memicu obesitas. Dalam penelitian tikus ini, senyawa antioksidan juga mengimbangi efek negatif pada kadar glukosa darah dan meningkatkan resistensi insulin, dua faktor utama dalam perkembangan diabetes tipe 2. Meski demikain, hasil yang sama perlu dibuktikan juga pada manusia.

Namum, karena infused water lemon tetap saja terdiri dari air putih, minuman ini dapat membantu perut lebih kenyang sehingga bisa mendorong tubuh tidak mengasup lebih banyak kalori. Selain itu, infused water juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh yang diyakini bisa membantu dalam menurunkan berat badan.

Dalam sebuah penelitian yang melibatkan 173 wanita dengan berat badan berlebih, ditemukan bahwa meningkatkan konsumsi air terkait dengan penurunan berat badan dan lemak tubuh, terlepas dari diet atau aktivitas fisik yang dilakukan. Studi ini telah dimuat dalam Jurnal Obesity.

4. Meningkatkan kualitas kulit Vitamin C yang ditemukan dalam lemon dapat membantu mengurangi kerutan kulit, kulit kering akibat penuaan, dan kerusakan akibat sinar matahari. Bagaimana air memperbaiki kulit masih debateble, tetapi satu hal yang pasti.

5. Membantu pencernaan Beberapa orang minum infused water lemon sebagai pencahar pagi hari untuk membantu mencegah sembelit. Minum air lemon hangat atau panas saat bangun tidur dipercaya dapat membantu sistem pencernaan Anda bergerak. Pengobatan Ayurveda mengatakan rasa asam lemon dapat membantu merangsang “agni”. Pengobatan Ayurveda adalah salah satu metode pengobatan tertua di dunia yang mulai dipraktikkan di India sejak ribuan tahun silam.

Dalam pengobatan ayurveda, Agni yang kuat dapat memulai sistem pencernaan, yakni memungkinkan Anda mencerna makanan dengan lebih mudah dan membantu mencegah penumpukan racun.

6. Menyegarkan nafas Pernahkan Anda mengoleskan lemon pada tangan untuk menghilangkan bau bawang putih atau bau menyengat lainnya? Obat tradisional yang sama mungkin berlaku untuk bau mulut yang disebabkan oleh makan makanan dengan bau yang kuat seperti bawang putih, bawang merah, atau ikan.

Anda dapat menghindari bau mulut dengan meminum segelas air lemon setelah makan dan di pagi hari. Lemon dianggap dapat merangsang air liur dan air putih juga membantu mencegah mulut kering, yang bisa memicu bau mulut akibat bakteri.

7. Membantu mencegah batu ginjal Senyawa asam sitrat dalam lemon dipercaya dapat pula membantu mencegah batu ginjal. Cara kerjanya, asam sitrat dianggap bisa membuat urine menjadi kurang asam dan bahkan dapat memecah batu-batu kecil. Faktanya, minum infused water lemon tidak hanya dapat memberi Anda sitrat, tetapi juga air yang Anda butuhkan untuk membantu mencegah atau membuang batu.

Cara membuat infused water lemon Untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari infusede water lemon, Anda perlu meminumnya secara konsisten, dan Anda membutuhkan lebih dari satu irisan lemon dalam tempat minum Anda. Saat membuat air lemon atau infused water lemin, selalu gunakan lemon segar. Untuk membuat infused water lemon ini, coba peras setengah buah lemon ke dalam 250 ml air hangat atau dingin.

Untuk membuat minuman ini sesehat mungkin, gunakan air yang telah disaring dan lemon organik. Anda juga bisa menambahkan lebih banyak rasa atau dorongan kesehatan ke infused water lemon dengan menambahkan:

·         Beberapa daun mint seiris jahe segar

·         Sejumput kayu manis

·         Taburan kunyit

Anda juga bisa menambahkan irisan buah jeruk segar lainnya seperti jeruk nipis dan jeruk, atau irisan ketimun. Ingatlah selalu untuk mencuci bahan-bahan ini dengan baik sebelum mengiris dan menggunakannya.[]




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

JADWAL SHOLAT HARI INI


Kanan - Iklan 2Kanan - Iklan 1Kanan - Iklan 3Kanan - Iklan 4Kanan - Iklan 5Kanan - Iklan 6

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Berita Utama