Lima Herbal yang Bisa Dikonsumsi untuk Atasi Diabetes

By Polkrim News. 15 Mar 2021, 00:02:23 WIB Kesehatan
Lima Herbal yang Bisa Dikonsumsi untuk Atasi Diabetes

Tanaman obat atau herbal bisa menjadi alternatif lain untuk dikonsumsi dalam hal menangani kondisi diabetes. Pasalnya, beberapa tanaman ini mengandung bahan-bahan yang dapat meredakan hingga menurunkan risiko komplikasi akibat diabetes.

Sementara itu, hingga 14 Mei 2020, International Diabetes Federation (IDF) melaporkan 463 juta orang dewasa di dunia menyandang diabetes dengan prevalensi global mencapai 9,3%.

Namun, kondisi yang membahayakan adalah 50,1% penyandang diabetes atau diabetesi tidak terdiagnosis. Ini menjadikan status diabetes sebagai silent killer yang masih menghantui dunia. Jumlah diabetesi ini diperkirakan meningkat 45% atau setara dengan 629 juta pasien per tahun 2045. Bahkan, sebanyak 75% pasien diabetes pada 2020 berusia 20-64 tahun.

Baca Lainnya :

Dikutip dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa tanaman obat untuk atasi diabetes.

1. Jahe

Sebuah penelitian yang diterbitkan Journal of Ethnic Foods tahun 2015 mengatakan jahe ternyata juga mampu menurunkan gula darah tanpa memengaruhi kadar insulin di dalam tubuh.

2. Pare

Pare diyakini memiliki kandungan yang dapat membantu mengendalikan penyakit diabetes tipe 2. Dalam sebuah penelitian, pare dapat membantu penderita diabetes menurunkan dosis obat yang dikonsumsinya setiap hari.

3. Lidah Buaya

Sebuah penelitian mengungkapkan penggunaan lidah buaya pada hewan dapat membantu melindungi dan memperbaiki sel beta di pankreas yang memproduksi insulin. Kondisi tersebut karena adanya kandungan antioksidan di dalam lidah buaya.

4. Kayu Manis

Beberapa penelitian mengungkap bahwa kayu manis diyakini dapat membantu menurunkan kadar gula darah, kolesterol tinggi hingga mengoptimalkan sensitivitas insulin.

5. Kunyit

Kunyit memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga dianggap sebagai obat alami untuk mengendalikan gula darah. Dengan mengonsumsi kunyit, kadar gula pengidap diabetes bisa turun hampir 18% setelah mengonsumsi 300mg kunyit dalam bentuk obat herbal per hari.[]




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

JADWAL SHOLAT HARI INI


Kanan - Iklan 2Kanan - Iklan 1Kanan - Iklan 3

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Berita Utama