Fakta dan Manfaat Cabai, Bikin Badan Jadi Langsing

By Polkrim News. 27 Nov 2020, 21:04:55 WIB Kesehatan
Fakta dan Manfaat Cabai, Bikin Badan Jadi Langsing

Makanan pedas, menurut penelitian terbaru sangat bermanfaat bagi tubuh. Salah satunya, manfaat cabai yang bisa bikin badan jadi langsing. Manfaat cabai bahkan digadang-gadang bisa membuat Anda terhindar dari penyakit jantung dan kanker. Sehingga prosentase untuk hidup lebih lama alias panjang umur dengan berat badan ideal pun semakin tinggi.

Penelitian yang baru saja dilaksanakan ini sebenarnya menganalisis pola dan kebiasaan makan orang-orang di Amerika, China, Iran dan Italia. Makanan pedas dan manfaat cabai adalah salah satu bahan makanan yang diteliti.

Penelitian ini juga menganalisis 4.729 studi yang sebelumnya dirilis dan diambil dari lima database kesehatan di dunia. Database ini berisi pola makan kurang lebih 570 ribu orang.

Baca Lainnya :

Sebagaimana dilansir dari media, orang-orang yang makan cabai memiliki resiko yang lebih rendah untuk meninggal karena penyakit jantung, kanker, ataupun penyakit kronis lainnya. Prosentasenya cukup tinggi, yakni hingga 26 persen.

Cabai sendiri ternyata memiliki efek antiinflamasi, antioksidan, antikanker, dan bisa mengatur kadar glukosa darah serta meningkatkan metabolisme tubuh. Berikut adalah aneka manfaat cabai yang bisa bikin panjang umur.

1. Menurunkan LDL alias Kolesterol Jahat

Cabai ternyata bisa menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL. Ia juga mampu menaikkan kadar kolesterol baik yang akrab disebut HDL.

Karena kemampuannya inilah, cabe diketahui bisa mencegah penyumbatan pembuluh darah sehingga bisa kita masukkan sebagai kategori makanan pencegah penyakit jantung dan stroke.

Menurut studi yang diterbitkan di jurnal PLoS pada tahun 2017, mereka yang mengkonsumsi cabai merah mengalami penurunan persentase kematian akibat penyakit jantung hingga dan stroke 13 persen.

2. Meningkatkan Metabolisme

Berita yang lebih menghebohkan lagi adalah, menurut pusat pengendalian dan pencegahan penyakit (CDC) Amerika Serikat, mereka yang makan makanan pedas dan mengandung cabai ternyata meningkat metabolisme tubuhnya sehingga terhindar dari penyakit tekanan darah tinggi, diabetes, serta penyakit jantung koroner dan membuat badan tetap ramping.

“Konsumsi cabai pada penderita obesitas dapat membantu meningkatkan metabolisme,sehingga dapat membakar lebih banyak kalori, baik saat istirahat maupun selama olahraga, dan dapat meningkatkan jumlah lemak yang dibakar,” ungkap Lauren Harris-Pincus, pakar nutrisi terkemuka di AS.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Cabai merah juga kaya akan vitamin A. Adapun vitamin ini sendiri adalah vitamin essential untuk sistem kekebalan tubuh yang kuat. Vitamin A juga baik untuk kesehatan mata. Namun, tak hanya vitamin A, cabai juga kaya akan vitamin C.

Semua orang tahu vitamin C ini berperan aktif dalam membangun sistem kekebalan tubuh dan mempercepat penyembuhan luka serta penyakit.

4.Cabai adalah Antioksidan yang Kuat.

Khasiat cabe semakin kuat dengan adanya kandungan flavonoid seperti beta karoten, lutein,  zeaxanthin, dan cryptoxanthin. Zat-zat ini melindung tubuh manusia dari radikal bebas.

Bahkan tak jarang radikal bebas ini sendiri bisa masuk ke dalam tubuh akibat stress dan penyakit yang diderita oleh tubuh. Oleh karenanya pola hidup sehat seperti istirahat dan olahraga juga penting untuk menjaga supaya kita bisa panjang umur.

Yakin mau meninggalkan cabai yang bikn langsing dari menu harian Anda? Pikir-pikir lagi ya.[]




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

JADWAL SHOLAT HARI INI


Kanan - Iklan 2Kanan - Iklan 1Kanan - Iklan 3

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Berita Utama