Dampak Buruk Terlalu Banyak Duduk

By Polkrim News. 15 Feb 2021, 02:57:08 WIB Kesehatan
Dampak Buruk Terlalu Banyak Duduk

Duduk dalam waktu singkat bisa menjadi istirahat yang baik, terutama bagi pemilik gaya hidup aktif. Tetapi duduk sepanjang hari dapat mempengaruhi banyak aspek kesehatan. Duduk sepanjang hari dan tidak banyak bergerak berisiko dengan beberapa kondisi yang tidak diharapkan.

Berikut 10 akibat jika terlalu sering duduk sepanjang hari :

Bertambah berat badan

Baca Lainnya :

Duduk sepanjang hari tidak akan membakar kalori sebanyak saat orang sedang bergerak. Jika tidak membakar lebih banyak kalori daripada yang dikonsumsi, maka kemungkinan akan menambah berat badan. Terlebih jika ditambah pola diet buruk, ada risiko obesitas bagi yang tidak banyak bergerak atau aktivitas fisik.

Sakit Punggung atau Bahu

Terlalu sering duduk bisa menyebabkan nyeri di bagian tubuh tertentu. Terlebih bagi orang yang memiliki postur tubuh buruk, duduk sepanjang hari bisa mengakibatkan sakit punggung atau bahu. Membungkuk di atas layar komputer atau bersandar dalam posisi yang kurang tepat sepanjang hari dapat membuat tubuh merasakan hal-hal yang tidak diinginkan.

Ganggu Kesehatan Mental

Merasa sedih atau terpuruk bukan berarti harus dihadapi dengan berdiam diri terus menerus. Menonton televisi atau lewat gawai terdengar menarik tetapi justru bisa berdampak buruk bagi kesehatan mental. Peningkatan perilaku menetap dikaitkan dengan kesehatan mental yang lebih buruk, dan tidak baik untuk kesejahteraan hidup.

Sulit Tidur

Orang-orang tertentu mungkin kesulitan mendapatkan cukup tidur jika mereka duduk sepanjang hari. Meskipun kualitas tidur dapat dipengaruhi oleh banyak faktor, termasuk penggunaan layar, stres, dan alkohol, bermalas-malasan sepanjang hari jug tidak membantu mendapat tidur berkualitas.

Risiko penyakit jantung

Latihan kardiovaskular membantu otot jantung tetap kuat. Sebaliknya, duduk atau berbaring dalam jangka waktu yang lama setiap hari tidak memungkinkan jantung mendapatkan latihan kekuatan yang dibutuhkannya.

Sulit hamil

Baik pria maupun wanita mungkin mengalami tantangan kesuburan jika mereka duduk sepanjang hari. Khusus untuk pria, pekerjaan yang tidak banyak bergerak meningkatkan risiko kerusakan DNA sperma tingkat tinggi.

Mengalami Wasir

Menghabiskan terlalu banyak waktu dengan duduk miring dapat menyebabkan ketidaknyamanan, dan bahkan pembengkakan seperti wasir.

Sementara beberapa ahli berpendapat bahwa gaya hidup yang tidak banyak bergerak tampaknya bertepatan dengan perkembangan wasir, beberapa data menunjukkan bahwa perilaku menetap bukanlah faktor risiko.

Risiko Diabetes

Duduk sepanjang hari dapat membuat tubuh berisiko terkena diabetes tipe 2. Secara khusus, waktu menetap yang lebih lama telah dikaitkan dengan peningkatan 112 persen dalam risiko relatif mengembangkan kondisi ini bila dibandingkan dengan mereka yang tidak menetap.

Risiko Tinggi saat Hamil

Wanita hamil berisiko mengembangkan diabetes gestasional. Dalam sebuah penelitian, wanita hamil yang duduk di rumah selama lebih dari dua jam per hari dikaitkan dengan peningkatan risiko diabetes gestasional yang signifikan.

Risiko Kematian Akibat Kanker

Mengganti waktu duduk dengan aktivitas selama 30 menit dikaitkan dengan risiko kematian akibat kanker yang lebih rendah menurut data yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association. Dalam kasus ini, kurang duduk dan lebih banyak bergerak secara harfiah bisa menjadi masalah hidup atau mati. []




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

JADWAL SHOLAT HARI INI


Kanan - Iklan 2Kanan - Iklan 1Kanan - Iklan 3

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Berita Utama