Cara Mengaktifkan Paket Internet Gratis

By Polkrim News 21 Mar 2020, 16:14:39 WIB Teknologi
Cara Mengaktifkan Paket Internet Gratis

Tak hanya Telkomsel dan XL Axiata, Indosat Ooredoo ternyata juga memberikan paket internet gratis sebesar 30 GB. Paket internet gratis ini diberikan Indosat Ooredoo dalam rangka memfasilitasi para siswa dan mahasiswa yang kini sedang belajar di rumah.

Indosat Ooredoo pun turut mendukung kebijakan belajar dari rumah melalui portal belajar online di 60 Universitas dan 4 platform digital.

Ahmad Al-Neama, President Director and CEO Indosat Ooredoo, mengatakan, program ini diberikan iM3 Ooredoo dalam mendukung kegiatan belajar di rumah dengan memberikan kuota gratis 30GB untuk mengakses aplikasi belajar online untuk pelanggan iM3 Ooredoo.

Baca Lainnya :

"Saat ini proses belajar dan bekerja sangat berbeda dari biasanya karena adanya penerapan social distancing, dan sebagai dampaknya kami memahami kebutuhan berinteraksi secara online atau digital akan meningkat secara signifikan," ucap Ahmad, Kamis (19/3/2020).

"Kuota internet gratis ini juga dapat dimanfaatkan untuk mengakses ke 4 platform e-Learning dan 60 situs resmi universitas di Indonesia, agar mahasiswa dan dosen tetap dapat melanjutkan proses perkuliahan selama krisis COVID-19 berlangsung," lanjut Ahmad.

Ahmad menjelaskan, beberapa platform pembelajaran digital yanng dapat diakses diantaranya Ruangguru, Quipper, Sekolahmu.com, dan Rumah Belajar.

Paket internet gratis 30 GB bisa diperoleh melalui aplikasi myIM3 atau *123*369#, dan berlaku selama 30 hari sejak diaktifkan.

Kemudian Ahmad juga menyebutkan, untuk memenuhi kebutuhan komunikasi pelanggan selama bekerja di rumah, IM3 Ooredoo memberikan diskon hingga 30 persen untuk beberapa paket internet yang tersedia di myIM3 atau di *123*52#.

"Dalam krisis ini, sudah saatnya bagi semua pihak untuk bergotong royong dan bekerja bersama untuk mematuhi kebijakan pemerintah, guna memperlambat penyebaran virus COVID-19 di Indonesia dengan menerapkan belajar dari rumah," kata Ahmad.

Sementara itu, Telkomsel dan XL Axiata juga telah menawarkan paket internet serupa. Telkomsel memberikan paket internet gratis dengan kuota 30 GB, untuk mengakses aplikasi Ruangguru.Sedangkan XL Axiata memberikan paket internet gratis 2 GB setiap harinya, untuk aplikasi belajar online, seperti RuangGuru, Udemy dan Zenius.

Berikut rincian dan cara mengaktifkan paket internet gratis Telkomsel dan XL Axiata,

1. Telkomsel

Telkomsel bekerja sama dengan aplikasi belajar online Ruangguru untuk memudahkan proses belajar mengajar di rumah.Telkomsel menyediakan kuota sebesar 30 GB secara gratis selama 30 hari untuk mengakses materi di aplikasi Ruangguru.

Telkomsel hanya menyediakan kuota internet gratis ini untuk mengakses materi "Sekolah Online" dan "RuangBelajar" di aplikasi Ruangguru.Sedangkan, Ruangguru hanya menggratiskan materi "Sekolah Online"

Pengguna harus tetap berlangganan (berbayar) Ruangguru terlebih dahulu untuk bisa mengunduh materi lainnya.Itu artinya, semua pengguna Telkomsel, baik SimPATI, KartuAS, Loop, maupun Kartu Halo, bisa mengakses materi di Ruangguru secara cuma-cuma.

Lantas, bagaimana cara mengaksesnya?

Pertama, pengguna Telkomsel harus membeli dulu kuota khusus Ruangguru di aplikasi My Telkomsel.

Penawaran itu bisa ditemukan dengan mengklik menu beli paket, lalu pilih internet, kemudian pilih menu "Bebas akses" dan pilih "Bebas akses Ruangguru".

Kemudian lanjutkan proses dengan klik "Beli".Apabila aktivasi berhasil, pengguna akan menerima notifikasi melalui SMS.

Langkah berikutnya adalah mengakses materi di aplikasi Ruangguru.

Perlu diketahui bahwa kuota khusus Telkomsel tersebut digunakan untuk mengakses menu RuangBelajar, termasuk artikel dan video di dalamnya.

Artikel bisa diunduh, sementara video bisa di-streaming. Kuota data untuk mengunduh dan streaming video itu akan digratiskan hingga kuota 30 GB.

Di sinilah kuota 30 GB Telkomsel akan dimanfaatkan. Akses materi pembelajaran itu akan menyedot kuota bebas akses Ruangguru, bukan kuota utama pengguna Telkomsel. Menu RuangBelajar sendiri akan muncul setelah pengguna login di aplikasi Ruangguru, lalu memilih jenjang pendidikan dan provinsi tempat tinggal.

Selain itu, ada juga menu Sekolah Online yang digratiskan oleh Ruangguru.

Fitur ini bisa diakses siapa saja, baik pengguna Ruangguru lama maupun baru, tanpa terbatas pada satu operator seluler tertentu.

"Sekolah Online terbuka untuk semua. Enggak perlu berlangganan," jelas Adamas Belva Syah Devara, CEO dan Co-Founder Ruangguru, Selasa (17/3/2020).

Di sini, ada berbagai video materi pembelajaran dari berbagai jenjang pendidikan dari SD hingga SMA.

Mulai 16 Maret 2020, akan tersedia 15 kanal live-teaching yang dimulai pukul 08.00-12.00.

Perlu diperhatikan juga bahwa akses gratis ini hanya bisa dilakukan via smartphone, bukan PC (laptop/desktop) melalui koneksi mobile tethering.

2. XL Axiata

perator seluler XL Axiata memberikan kuota gratis sebesar 2 GB setiap harinya, untuk mengakses sejumlah aplikasi belajar online, seperti RuangGuru, Udemy dan Zenius.

Pelanggan XL Axiata sudah bisa merasakan layanan gratis tersebut terhitung sejak hari ini, Rabu (18/3/2020) dan akan berlangsung hingga 31 Maret 2020 mendatang.

Tak cuma terbatas untuk aplikasi pembelajaran saja, selama 14 hari ke depan, pelanggan XL juga dapat mengakses Microsoft Office 365 untuk melakukan kegiatan kerja secara online.

Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini mengatakan bahwa pihaknya menjalankan langkah ini guna membantu siswa dan karyawan yang sedang bekerja serta belajar di rumah.

"Kami paham masyarakat membutuhkan akses data dan internet untuk bisa belajar dan bekerja secara produktif dari rumah.Program ini kami buat secepatnya dan mencakup hal yang dibutuhkan masyarakat," ungkap Dian.

Dian juga mengatakan bahwa program ini telah diikuti oleh beberapa universitas seperti Universitas Indonesia, Universitas Padjajaran, Institut Teknologi Bandung, Universitas Diponegoro, Universitas Atmajaya dan sejumlah universitas lainnya.

Selain itu, XL juga membebaskan biaya kuota bagi pelanggan yang mengakses informasi dari situs Kementerian Kesehatan dan situs Pemerintah DKI Jakarta.[]




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

JADWAL SHOLAT HARI INI


Kanan - Iklan 1Kanan - Iklan 2

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Berita Utama