Sering Dijadikan Ramuan, Daun Kelor Bisa Cegah Penyakit Mematikan yang Paling Ditakuti Kaum Wanita

By Polkrim News. 06 Sep 2021, 01:45:09 WIB Kesehatan
Sering Dijadikan Ramuan, Daun Kelor Bisa Cegah Penyakit Mematikan yang Paling Ditakuti Kaum Wanita

Daun kelor ternyata punya banyak manfaat baik untuk kesehatan.Bahkan daun kelor bisa mengobati penyakit mematikan yang paling ditakuti kaum wanita. Ramuan tradisional Indonesia memang beragam. Satu di antaranya adalah ramuan yang memakai bahan dasar daun kelor.Meski di sisi lain, daun kelor sering digunakan dalam ritual.

Secara ilmiah, manfaat daun kelor ternyata juga sudah banyak diteliti.Daun kelor adalah dedaunan yang kerap digunakan dalam obat-obatan tradisional.

Daun kelor memang dikenal sebagai tanaman mistis. Sebab disebut-sebut jika daun kelor bisa menolak bala. Namun, di balik itu ternyata daun kelor memiliki manfaat baik untuk tubuh. Untuk menikmati manfaatnya Anda bisa mengolahnya menjadi air rebusan.

Baca Lainnya :

Air Rebusan Daun Kelor

Kini daun kelor mulai banyak dikenal masyarakat.Sebab daun kelor disebut-sebut memiliki banyak kandungan baik untuk tubuh. Daun kelor mempunyai kandungan protein yang tinggi dan mengandung semua asam amino esensial.

Selain itu, daun kelor juga banyak mengandung kalium, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, D, C, dan beta karoten. Dan untuk mendapat manfaat dari kandungan daun kelor, anda bisa minum air rebusan daun kelor setiap hari.

Mengobati diabetes

Gula darah tinggi bisa menjadi masalah kesehatan yang serius. Faktanya, itu adalah karakteristik utama dari diabetes. Penggunaan terapi daun kelor telah dievaluasi pada diabetes. Hal ini karena kapasitasnya untuk menurunkan konsentrasi glukosa darah setelah konsumsi karena mengandung polifenol seperti quercetin-3-glikosida, rutin, kaempferol, dan glikosida.

Aktivitas antidiabetes dari serbuk daun kelor telah diamati dalam uji coba menggunakan hewan, dipaparkan bahwa terjadi penurunan glukosa dan perbaikan kadar lipid peroksida, berkurangnya tingkat IL6, dan imunoglobulin A. Manfaat daun kelor untuk diabetes lebih efektif ketika diekstrak.

Seiring waktu, kadar gula darah tinggi juga meningkatkan risiko penyakit jantung. Oleh karena itu, penting untuk anda menjaga gula darah dalam batas yang sehat. Daun kelor dapat turunkan kadar gula darah karena kandungan isothiocyanates.

Mengobati penyakit jantung

Antioksidan berfungsi menangkal radikal bebas dalam tubuh.Terlalu banyak radikal bebas menyebabkan anda stres oksidatif. Di mana stres oksidatif ini berhubungan dengan penyakit kronis lainnya seperti penyakit jantung Komponen antioksidan ini terdiri dari vitamin C dan beta karoten.Di sisi lain juga mengandung quercetin yang berfungsi menurunkan tekanan darah.

Menurunkan kolesterol

Memiliki kolesterol tinggi telah dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung. Baik penelitian berbasis hewan dan manusia telah menunjukkan bahwa daun kelor memiliki efek menurunkan kolesterol yang sama. Minum air rebusan daun kelor ini akan membasmi semua penyakit yang berhubungan dengan kolesterol.

Membantu mengatasi kanker

Manfaat daun kelor lain yang tak kalah hebat adalah kemampuannya dalam memperlambat pertumbuhan sel kanker. Hal ini membuat daun kelor juga berguna dalam membantu kemoterapi lebih efektif.

Baik untuk daya ingat

Kandungan antioksidan serta zat-zat kimia yang ada dalam daun kelor, dipercaya dapat meredakan stres dan peradangan di otak.Hal ini membuatnya baik untuk meningkatkan daya ingat.

Memberikan nutrisi untuk tubuh

Daun kelor adalah sumber vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Dalam sekitar 20 gram daun kelor yang telah dipotong-potong, terkandung nutrisi sebagai berikut:

Protein: 2 gram, Vitamin B6: 19% dari rekomendasi konsumsi harian, Vitamin C: 12% dari rekomendasi konsumsi harian, Zat besi: 11% dari rekomendasi konsumsi harian, Riboflavin (vitamin B2): 11% dari rekomendasi konsumsi harian. Vitamin A: 9% dari rekomendasi konsumsi harian, Magnesium: 8% dari rekomendasi konsumsi harian

Kaya akan antioksidan

Antioksidan berfungsi untuk melindungi tubuh dari radikal bebas.Kadar radikal bebas yang terlalu tinggi, dapat meningkatkan risiko terhadap berbagai penyakit seperti diabetes melitus tipe 2, hingga penyakit jantung.

Membantu menurunkan kadar gula darah

Daun kelor juga disebut dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Sayangnya, belum banyak penelitian yang mengungkapkan manfaat daun kelor dalam hal ini.

Membantu meredakan peradangan

Daun kelor mengandung isotiosianat, yang merupakan zat antiperadangan. Sehingga, tumbuhan ini dipercaya dapat membantu meredakan peradangan yang terjadi di tubuh.

Menurunkan kolesterol

Manfaat daun kelor yang disebut dapat membantu menurunkan kolesterol, membuatnya menjadi incaran banyak orang.Pada daun kelor, efek penurun kolesterolnya disebut mirip dengan almond dan oats.

Melindungi tubuh dari keracunan arsen

Pada penelitian yang dilakukan di hewan uji, daun kelor disebut dapat melindungi tubuh dari racun arsenik, yang tidak jarang bisa masuk ke tubuh melalui kontaminasi makanan dan air.

Membantu mengatasi kanker

Manfaat daun kelor lain yang tak kalah hebat adalah kemampuannya dalam memperlambat pertumbuhan sel kanker.

Baik untuk jantung

Ekstrak daun kelor, disebut berpotensi mengatasi dislipidemia, salah satu jenis penyakit jantung akibat naiknya kadar kolesterol serta trigliserida di tubuh.

Mencegah anemia

Kandungan zat besi yang cukup tinggi di dalam daun kelor membuatnya dipercaya dapat membantu mencegah anemia.

Berpotensi mengatasi infeksi bakteri

Ekstrak daun kelor, juga dipercaya dapat membantu meredakan infeksi yang terjadi akibat bakteri. Pasalnya, tanaman ini mengandung bahan yang bersifat antimikrobial, sehingga mampu memusnahkan bakteri, terutama bakteri berjenis gram positif.

Dipercaya baik untuk wanita menopause

Daun kelor yang dikonsumsi dalam bentuk bubuk, dipercaya dapat membantu meningkatkan kadar antioksidan pada wanita yang telah mengalami menopause. Pada usia menopause, kadar antioksidan di tubuh memang akan menurun akibat berkurangnya produksi hormon estrogen.Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk mengetahui manfaat daun kelor tersebut.

 

Daun Kelor untuk Kecantikan

Faktanya daun kelor bukan hanya bagus untuk kesehatan saja.Sebab, diketahui jika daun kelor juga bisa bermanfaat untuk kecantikan.

Daun kelor tidak hanya dimanfaatkan untuk obat tradisional saja, tapi juga memiliki manfaat untuk merawat kecantikan kulit. Ini 5 manfaat dari daun kelor untuk perawatan kulit yang ampuh banget.

1. Memperlambat Penuaan

Minyak kelor dan daun kelor dapat digunakan sebagai masker wajah.Gunanya untuk mencegah kerutan pada wajah serta melawan kerusakan kulit karena radikal bebas. Daun kelor juga mampu mengencangkan kulit dan membuat wajah menjadi awet muda.

2. Melembapkan Bibir

Kita dapat menggunakan minyak daun kelor atau daun kelor sebagai eksfoliator yang dapat membuat bibir halus dan lembap alami.Caranya cukup haluskan daun secukupnya, lalu gunakan sebagai masker bibir.

3. Mencerahkan Kulit

Rajin menggunakan masker daun kelor dapat membuat kulit tampak cerah alami.Masker daun kelor ini membantu mencerahkan juga mengikis bintik-bintik hitam dan bekas jerawat.

4. Melawan Jerawat

Masker daun kelor dapat mengatasi jerawat yang membandel dan meradang.Daun kelor memiliki kandungan dingin yang bisa mengurangi efek peradangan jerawat.

5. Mengecilkan Pori-Pori

Pori pori yang membesar diakibatkan oleh pengaruh paparan sinar matahari dan bekas jerawat. Untuk mendapatkan wajah yang bersih, gunakan masker daun kelor untuk mengecilkan pori-pori sehingga tidak menjadi tempat menumpuknya kotoran dan komedo.[]




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

JADWAL SHOLAT HARI INI



Kanan - Iklan 2Kanan - Iklan 1

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.