Mengenal Penyebab dan Cara Mengatasi Malaria

By Polkrim News. 05 Mei 2021, 00:02:25 WIB Kesehatan
Mengenal Penyebab dan Cara Mengatasi Malaria

Malaria adalah penyakit yang mengancam jiwa. Penyakit ini biasanya ditularkan melalui gigitan nyamuk Anopheles yang terinfeksi. Nyamuk yang terinfeksi membawa parasit Plasmodium. Saat nyamuk ini menggigit Anda, parasit tersebut masuk ke aliran darah Anda. Ketika parasit berada di dalam tubuh Anda, mereka akan bergerak ke liver untuk berkembang biak. Setelah beberapa hari, parasit dewasa memasuki aliran darah dan mulai menginfeksi sel darah merah.

Gejala Malaria

Gejala awal malaria dapat berupa munculnya rasa kantuk yang besar, hilangnya nagsu makan, dan sulit tidur. Gejala juga bisa diikuti dengan tubuh yang menggigil, demam, dan napas yang cepat. Demam dapat meningkat secara bertahap selama satu hingga dua hari atau melonjak sangat tiba-tiba hingga suhu tubuh berada di atas 40 derajat celcius. Ketika demam berakhir, tubuh akan mulai mengeluarkan keringat yang intensif.

Baca Lainnya :

Mencegah dan mengatasi malaria

Malaria diobati dengan pemberian obat antimalaria yang diberikan melalui mulut, melalui suntikan, atau intravena (ke dalam pembuluh darah).

Obat antimalaria yang sering digunakan antara lain:

1. Klorokuin fosfat

Klorokuin adalah pengobatan pilihan untuk parasit yang sensitif terhadap obat. Sayangnya, parasit biasanya resisten terhadap klorokuin dan obat tersebut tidak lagi menjadi pengobatan yang efektif.

2. Terapi kombinasi berbasis artemisinin (ACTs)

 ACT adalah kombinasi dari dua atau lebih obat yang bekerja melawan parasit malaria dengan cara berbeda. Metode ini biasanya merupakan pengobatan pilihan untuk malaria resisten klorokuin. Selama pengobatan, dokter juga akan memperhatikan tanda-tanda dehidrasi, kejang, anemia, dan komplikasi lain yang dapat memengaruhi otak, ginjal, atau limpa. Seorang pasien mungkin membutuhkan cairan, transfusi darah, dan bantuan pernapasan. Diagnosis dini akan membuat penyakit ini sembuh dengan cepat. Sebaliknya, penyakit ini bisa berakibat fatal terutama pada anak-anak yang kurang gizi jika tidak segera diatasi.

Cara terbaik mencegah malaria adalah dengan mengedalikan nyamuk pembawa penyakit. Jika Anda bepergian ke suatu daerah dengan risiko tinggi malaria, Anda dapat memasang layar jendela, menggunakan pengusir serangga, dan memasang kelambu di atas tempat tidur. Anda juga perlu memeriksakan diri ke dokter sebelum bepergian ke daerah yang rawan malaria.[]




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

JADWAL SHOLAT HARI INI


Kanan - Iklan 1Kanan - Iklan 2

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Berita Utama