Update Corona 27 Maret: 1.046 Kasus, 87 Meninggal, 46 Sembuh

By Polkrim News 27 Mar 2020, 17:19:42 WIB Nasional
Update Corona 27 Maret: 1.046 Kasus, 87 Meninggal, 46 Sembuh

Hingga Jumat 27 Maret 2020, jumlah pasien positif virus corona yang telah berhasil sembuh di Indonesia mencapai 46 orang.Angka kasus sembuh ini didapat setelah mengalami penambahan dari data sebelumnya, yakni sebanyak 11 orang.

Pelan tapi pasti, satu per satu pasien positif virus corona di Indonesia berlangsung sembuh.Pasalnya, penyakit COVID-19 dapat sembuh dengan sendirinya karena tubuh manusia menciptakan imunitas sendiri ketika virus menyerang.

Hal tersebut juga didukung oleh pernyataan dari Juru Bicara Penanganan Virus Corona di Indonesia, Achmad Yurianto, dalam jumpa pers di Media Center Gugus Tugas COVID-19, Jakarta pada Jumat, 27 Maret 2020.

Baca Lainnya :

"Sekarang ini banyak kasus yang sudah bisa sembuh karena memang ini adalah penyakit karena virus, yang pada umumnya bisa sembuh sendiri. Self-limiting disease," ujar Yuri.

Sementara itu, Achmad Yurianto kembali memberikan sejumlah saran agar masyarakat Indonesia dapat ikut menekan penyebaran virus corona sehingga tak lebih meluas. "Mari bersama-sama jaga jarak, di dalam berkomunikasi jaga jarak secara fisik. Ambil jarak aman dua meter, ini menjadi penting.

"Bukan hanya di luar rumah, tetapi juga di dalam rumah," ujar Yuri.Ia mengatakan, hal tersebut juga dapat menjadi sesuatu yang penting. Sebab bila terdapat satu orang keluarga yang tidak disiplin dengan sering keluar rumah, bisa jadi menularkan COVID-19.

"Isolasi diri di rumah, itu menjadi penting. Bukan berarti berada di rumah mengabaikan jarak. Tetap harus menjaga jarak," tambah Yuri. Menurutnya, dalam membersihkan kedua tangan agar terhindar dari virus corona jangan mencari sesuatu yang sulit seperti hand sanitizer.

Sebab telah dibuktikan secara ilmiah bahwa melalui deterjen atau sabun dapat membuat virus sangat rentan hilang."Tidak ada alasan tidak punya hand sanitizer kemudian tidak mencuci tangan. Cuci tanganlah pakai sabun, setiap hari pasti ada dan tidak sulit mencari sabun. Ini menjadi penting," ujar Yuri.

Ditambah, seseorang dapat melakukan pemantauan diri atau konsultasi diri melalui media yang dapat diakses bahkan cukup interaktif.Di antaranya seperti 119, Halodoc, Gojek, dan sebagainya.Selama berdiam diri di rumah, bukan berarti menjadi tak produktif. Sebab menurut Achmad Yurianto, semua dapat tetap dilakukan dengan cenderung lancar.

"Saya ingatkan kembali, mari kita jaga jarak lebih dari 2 meter. Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir."Kemudian produktif di rumah, bekerja dari rumah, belajar di rumah, dan ibadah di rumah.

"Mudah-mudahan upaya keras yang kita laksanakan, sinergi bersama pemerintah, masyarakat, dengan siapapun, bisa menanggulangi permasalahan penyebaran penyakit covid-19," ujar Yuri.

Di samping itu, angka kasus sembuh kumulatif sebanyak 46 orang hari ini, ikut menambah daftar orang-orang yang sembuh dari corona di dunia, yang hingga kini berada di angka 123.268 orang, menurut data John Hopskin University. "Kita yakin, optimis kita mampu," tutup Yuri.[]




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

JADWAL SHOLAT HARI INI



Kanan - Iklan 2Kanan - Iklan 1

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.