Skuad Kadin ala Arsjad Rasjid Lebih Gemuk Dibanding Kabinet Jokowi

By Polkrim News. 10 Agu 2021, 00:33:20 WIB Ekonomi
Skuad Kadin ala Arsjad Rasjid Lebih Gemuk Dibanding Kabinet Jokowi

JAKARTA - Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid resmi mengumumkan formasi kepengurusan Kadin Indonesia periode 2021-2026 hari ini, Senin (9/8). Perubahan formasi ini dilakukan usai terpilihnya Arsjad Rasjid sebagai Ketua Umum Kadin Indonesia pada Munas VIII di Kendari, Sulawesi Tenggara, beberapa waktu lalu.

Berbeda dengan kepengurusan sebelumnya, struktur pengurus Kadin Indonesia di bawah kepemimpinan Arsjad hampir mirip dengan struktur kabinet pemerintahan dengan adanya kepala badan, wakil koordinator ketua umum dan wakil ketua umum.

“Pengumuman yang kita lakukan hari ini untuk ketua setiap dewan nantinya ada 4 dewan yang ada, yaitu dewan pertimbangan, sudah ada Anindya Bakrie yang sudah disahkan pada waktu Munas kemarin. Kemudian ketua dewan penasehat, ketua dewan kehormatan, dan ketua dewan usaha,” kata Arsjad Rasjid secara virtual, Senin (9/8/2021).

Baca Lainnya :

Sejumlah tokoh dunia usaha terlibat dalam pengurusan Kadin versi Arsjad ini, mulai dari Aburizal Bakrie yang menjadi anggota dewan kehormatan, Chairu Tanjung yang menjabat ketua dewan usaha, dan Wamen BUMN Kartiko Wiroatmodjo sebagai wakil ketua bidang BUMN.

Jika dihitung-hitung, skuad Arsjad dalam memimpin Kadin ini sekitar 49 orang. Sebuah kepengurusan yang terbilang gemuk, melebihi jumlah menteri Kabinet Jokowi-Maruf yang sebanyak 38 menteri atau pejabat setara menteri.

Berikut sebagian susunan pengurus Kadin Indonesia Periode 2021-2026:

- Ketua Umum Kadin: Arsjad Rasjid

- Ketua Dewan Pertimbangan: Anindya N. Bakrie

- Ketua Dewan Penasehat: Mohamad S. Hidayat

- Ketua Dewan Kehormatan: Rosan P. Roeslani

Anggota: Aburizal Bakrie, Mohamad S. Hidayat, Adi Putra Tahir, dan Suryo Bambang Sulistyo

- Ketua Dewan Usaha: Chairul Tanjung

-Koordinator Wakil Ketua Umum terdiri dari 4 orang.

-Wakil Ketua Umum I Bidang Bidang Organisasi, Hukum dan Komunikasi terdiri dari 13 pengurus.

-Wakil Ketua Umum II Bidang Perekonomian terdiri dari 3 orang.

-Wakil Ketua Umum IV Bidang Peningkatan Kualitas Manusia, Ristek dan Inovasi terdiri dari 13 orang.

-Wakil Ketua Umum III Bidang Maritim, Investasi dan Luar Negeri terdiri dari 7 pengurus.

“Menyusun formasi yang tepat dan sempurna tentunya sangat sulit. Namun, saya berjanji ini adalah formasi yang terbaik. Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, Kadin Indonesia mempunyai tujuan yang jelas, kemakmuran masyarakat dan kemajuan Indonesia. Saya berterima kasih kepada Kadin-Kadin daerah yang sudah menyukseskan Munas VIII kemarin. Kadin Daerah ini pemilik saham sesungguhnya Kadin Indonesia,” terang dia.

Menurut Arsjad, dalam kepengurusan yang baru ini ingin mengedepankan inklusivitas dan kolaboratif, yakni dengan merangkul semua lapisan pengusaha baik kecil sampai besar dan juga semua sektor industri punya rumah yang sama, yakni Kadin.

Selain itu, Arsjad juga mengedepankan kemitraan atau kolaborasi antara Kadin dengan pemerintah, sesama pengusaha dan juga pekerja sebagai tulang punggung usaha.[]




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

JADWAL SHOLAT HARI INI



Kanan - Iklan 2Kanan - Iklan 1

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.