Kemenkop UKM Mencatat BLT Rp2,4 Juta Baru Terserap 45,76%

By Polkrim News 31 Agu 2020, 00:20:46 WIB Ekonomi
Kemenkop UKM Mencatat BLT Rp2,4 Juta Baru Terserap 45,76%

JAKARTA - Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) mencatat hingga 27 Agustus 2020, progres sementara bantuan langsung tunai (BLT) UMKM, baru terserap mencapai 45,76%. Atau rincian bantuan modal kerja bagi pelaku usaha kecil itu telah disalurkan Rp56.503,22 miliar sebagai bagian dalam pelaksanaan program pemulihan ekonomi nasional (PEN).

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan, Pemerintah baru meluncurkan banpres produktif usaha mikro berupa hibah dana, bukan pinjaman. Per pengusaha bakal mendapatkan sebesar Rp2,4 juta untuk total 12 juta pelaku usaha mikro. "Tahap pertama 9,1 juta akan selesai pada bulan September 2020, dan per hari ini sudah 50% tersalurkan," ujar Teten di Jakarta, Minggu (30/8/2020).

Teten memastikan bantuan itu diberikan kepada pelaku usaha yang belum mendapatkan bantuan sosial (bansos) lainnya. Adapun, prioritas banpres produktif itu adalah pengusaha yang kesulitan akses ke perbankan.

Baca Lainnya :

"Sebagian besar dari usaha sisi suplai dengan meningkatkan sumber daya manusia bagi pelaku UMKM, bagaimana mereka beradaptasi dan berinovasi di tengah pandemi disesuikan dengan market baru," jelasnya.

Dia berharap, dengan percepatan penyaluran bantuan ini bisa kembali membuat UMKM bergerak lagi. Sehingga UMKM ini mampu membawa perekonomian keluar dari ancaman resesi.

"Kita bisa percepatan penyaluran, sehingga UMKM bisa kembali berusaha. Kemarin banyak modal mereka yang tergerus untuk biaya konsumsi keluarga," pungkasnya.[]




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

JADWAL SHOLAT HARI INI


Kanan - Iklan 2Kanan - Iklan 1Kanan - Iklan 3

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Berita Utama