Usai Long March dan Sweeping Pabrik, Massa Buruh Demo di Kantor Pemda KBB

By Polkrim News. 24 Nov 2021, 00:39:29 WIB Bandung
Usai Long March dan Sweeping Pabrik, Massa Buruh Demo di Kantor Pemda KBB

BANDUNG BARAT - Massa buruh dari berbagai serikat pekerja di Kabupaten Bandung Barat (KBB) melalukan aksi unjuk rasa di depan Kantor Pemda KBB, Senin (22/11/2021). Aksi itu dilakukan setelah sebelumnya buruh melakukan aksi long march dan sweeping ke sejumlah pabrik.

Salah seorang koordinator aksi buruh Dede Rahmat mengatakan, aksi buruh dilakukan untuk menuntut kenaikan upah minimun kota/kabupaten (UMK) 2022. Buruh juga meminta agar Plt Bupati Bandung Barat, Hengki Kurniawan menaikkan upah minimum tahun 2022.

Baca Lainnya :

"Aksi ini merupakan keresahan pekerja di Bandung Barat terkait dengan terbitnya surat edaran tidak ada kenaikan upah minimum 2022 di seluruh kabupaten/kota di Indonesia pada tanggal 9 November 2021," ucapnya.

Dirinya menilai, upah yang berlaku saat ini sebesar Rp3,2 juta dirasa tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan pokok buruh. Ditambah lagi dengan keperluan alat kesehatan sebagai penunjang kerja buruh yang meningkat selama pandemi COVID-19. Oleh karenanya pemerintah harus meniakkan gaji buruh tahun di 2022.

"Pengeluaran buruh selama pandemi COVID-19 meningkat karena harus membeli kebutuhan untuk prokes, tapi gaji gak naik bahkan berkurang akibat jam produksi perusahaan dibatasi. Jadi bagaimana buruh bisa sejahtera," keluhnya

Dirinya meminta agar Plt Bupati Bandung Barat mendorong untuk menaikkan upah minimum buruh. Hal ini tentunya demi kesejahteraan kaum buruh, mengingat harga kebutuhan pokok meningkat. Sebab buruh di KBB selama ini selalu mendukung kebijakan yang dibuat oleh pemerintah.

"Kami meminta agar Plt Bupati Hengki membuat surat keputusan yang mendukung perjuangan buruh dalam menuntut kenaikan UMK 2022 sebesar 10 persen," tegasnya.[]




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

JADWAL SHOLAT HARI INI



Kanan - Iklan 2Kanan - Iklan 1

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.