TNI AL Siagakan Empat Kapal Kombatan dan Pesawat Patroli, Jaga Laut Natuna

By Polkrim News 11 Sep 2020, 00:22:18 WIB Metropolitan
TNI AL Siagakan Empat Kapal Kombatan dan Pesawat Patroli, Jaga Laut Natuna

LAUT NATUNA UTARA - TNI Angkatan Laut (AL) menyiagakan empat kapal kombatan dan pesawat patroli udara maritim guna menjaga kedaulatan perairan Indonesia di Laut Natuna Utara. Hal itu disampaikan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono saat memimpin upacara peringatan HUT ke 75 TNI AL di Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (10/9/2020).

”Laut Natuna sampai saat ini kita laksanakan patroli rutin menggunakan empat unsur. Selalu saya standby kan empat unsur kombatan, unsur besar di sana untuk melaksanakan patroli pengamanan wilayah baik di Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE) maupun wilayah territorial,” katanya.

Selain empat kapal kombatan, kata mantan Pangkogabwilhan I ini, TNI AL juga menyiagakan pesawat patroli udara maritim untuk melakukan pengawasan di perairan tersebut. ”Pesawat juga demikian, kita selalu standby kan pesawat patroli udara maritime . sampai saat ini masih kondusif. Sampai saat Laut China Selatan (LCS) masih kondusif berdasarkan hasil patroli udara maritime angkatan laut maupun kapal-kapal kita yang patrol,” katanya.

Baca Lainnya :

Terkait dengan operasi penangkapan kapal ikan Vietnam, Yudo menjelaskan, hal itu dilakukan karena kapal tersebut melakukan pelanggaran dan melakukan penangkapan ikan secara ilegal di ZEE Indonesia. ”Karena menangkap ikan secara ilegal, sesuai ketentuan hukum tentunya kita tarik untuk diproses,” tegasnya.

Disinggung soal pertemuannya dengan Menhan China bersama Menhan Prabowo Subianto, mantan Pangkoarmada I ini membenarkan pertemuan tersebut. ”Beliau (Menhan China) ke sini, saya diundang oleh Menhan untuk menyambut,” ucapnya.

Seperti diketahui, Menteri Pertahanan (Menhan) China Wei Fenghe tiba di Jakarta pada Selasa, 8 September 2020 untuk menemui Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Subianto. Beijing mengutus Wei ke Malaysia dan Indonesia menjelang pertemuan ASEAN yang membahas masalah sengketa wilayah perairan di Laut China Selatan.[]




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

JADWAL SHOLAT HARI INI


Kanan - Iklan Sidebar1Kanan - Iklan Skbm1Kanan - Iklan Skbm2

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Berita Utama