Tempat Aktivitas Berisiko Penularan Virus Corona di Masa New Normal

By Polkrim News 13 Jun 2020, 23:16:16 WIB Kesehatan
Tempat Aktivitas Berisiko Penularan Virus Corona di Masa New Normal

Sejumlah daerah di Indonesia telah melakukan fase New Normal.Beberapa tempat umum pun kembali dipadati oleh masyarakat. Tempat ramai tersebut menandakan setiap warga sudah mulai melakukan aktifitasnya sehari-hari kembali dengan protokol kesehatan yang berlaku. Namun ternyata beberapa tempat umum menjadi tempat dengan risiko penularan Covid-19 yang tinggi.

Dikutip dari mlive.com, menurut ahli kesehatan Michigan, ada lima faktor penyebaran Virus Corona, yakni tempat, waktu, jarak dan kepatuhan terhadap protokol kesehatan, dan tingkat risiko pribadi. Keempat dokter tersebut mengatakan, kegiatan di luar ruangan umumnya lebih aman.

Hal ini dikarenakan virus menjadi kurang terkontaminasi dengan sirkulasi yang lebih lebar dan tidak terjangkau, tidak seperti di dalam ruangan.

Baca Lainnya :

Berikutnya adalah jarak sosial, kegiatan dengan jarak yang setiap orang yang berdekatan, seperti bermain basket atau konser musikmenjadi lebih berisiko. Para ahli juga menekankan pada waktu pemapatan sebagai salah satu faktor penting.

Contohnya, berjalan dengan seseorang di jalan setapak akan cenderung mengurangi risiko penyebaran virus, dibandingkan duduk berjam-jam di ruangan tertutup dengan seseorang. Beberapa tempat juga menjadi lebih berbahaya, ketika orang tidak mematuhi protokol kesehatan.

Tempat dengan protokol kesehatan yang ketat tentu memiliki tingkat penyebaran yang lebih kecil dibandingkan tempat-tempat yang tidak menerapkan hal tersebut.Selain itu, setiap orang juga harus mempertimbangkan tingkat risiko pribadi mereka sendiri. Tingkat imunitas yang tidak baik akan membuat seseorang lebih rentan terinfeksi Virus Corona.

"Sampai vaksin ditemukan, kita harus terus bergerak maju dengan strategi pengurangan risiko," kata Sims.

"Karena Anda tidak dapat bertahan dengan kondisi ekonomi yang terus terhenti, Anda tidak dapat menahan laju ekonomi selamanya,"

Sejumlah ahli kesehatan membuat survey tempat dan kegiatan apa saja yang rentan berisiko menyebarkan Covid-19 selama new normal.

Berikut ini merupakan 36 daftar kegiatan paling berisiko selama New Normal, lengkap dengan skor 1 sampai 10:

1. Bar

Tingkat risiko: 9

Para ahli setuju - bar sangat berisiko. "Setelah beberapa minuman, mereka mulai merasa sedikit lebih tak terkalahkan," kata Husain.

"Dan saat itulah masalahnya dimulai."Orang-orang menurunkan penjagaan mereka saat mabuk, jadi mengharapkan lebih sedikit tindakan pencegahan yang harus diikuti di bar.

Juga, orang tidak bisa memakai masker saat minum, orang-orang berinteraksi lebih dekat membuat bar lebih berbahaya daripada restoran. Berada di dalam bar juga meningkatkan potensi penyebaran virus di bar.

"Aku mungkin akan memberi bar 10," kata Sims.

"Aku benar-benar khawatir tentang bar."

2.Konser musik besar

Tingkat risiko: 9

Sekalipun konser berada di luar ruangan, alih-alih di stadion, pertemuan besar seperti ini bisa menjadi sarang penyebaran virus, para ahli memperingatkan.Seperti bar, orang berdekatan dan minum alkohol. Tapi masalah lain adalah nyanyian.

"Bernyanyi adalah cara yang sangat efektif untuk menyebarkan virus," kata Emig.

Ketika orang berbicara keras atau bernyanyi, itu berpotensi memancarkan lebih banyak virus ke lingkungan, juga meningkatkan tingkat risiko penularan.

3. Stadion olahraga

Tingkat risiko: 8

Sama seperti konser, stadion olahraga penuh sesak dan alkohol.Orang-orang juga cenderung bersorak, berteriak dan bernyanyi, di antara suara-suara lain, yang juga membuat penyebaran lebih mudah.

4. Tempat Gym

Tingkat risiko: 8

"Mirip dengan bernyanyi, orang mengeluarkan lebih banyak sekresi pernapasan saat berolahraga dan bernapas dengan berat," kata Husain.

"Sulit juga untuk berolahraga sambil mengenakan masker dan sulit untuk menjauhkan diri,' kata para ahli.

Setelah gimnasium dibuka, Emig menyarankan untuk menggunakan peralatan individu - dan menyekanya - daripada melakukan kegiatan kelompok dalam ruangan seperti kelas berputar dan menari.

5. Taman Hiburan

Tingkat risiko: 8

Banyak tindakan pencegahan akan diperlukan untuk menjaga taman hiburan dari zona penyebaran virus corona, kata para ahli.Taman perlu membatasi jumlah orang, menegakkan jarak, menghapus wahana setelah setiap penggunaan dan banyak lagi.

"Bahkan dengan strategi pengurangan risiko, saya pikir ini akan sulit," kata Sims.

"Ini tentang tempat paling beresiko yang bisa kamu dapatkan."

6. Gereja dan tempat ibadah

Tingkat risiko: 8

Awal sejumlah penyebaran Virus Corona telah dikaitkan dengangereja tempat ibadah.

Risiko dapat dikurangi jika kursi diatur dengan cara yang benar, semua orang memakai masker dan tindakan pencegahan lainnya."Jika mereka menambahkan nyanyian, maka itu setara dengan bar," kata Emig.

"Orang-orang akan membencinya, tapi itu kebenarannya."

7. Prasmanan

Tingkat risiko: 8

Prasmanan lebih berbahaya daripada restoran biasa, tetapi tidak seburuk bar, para ahli menyimpulkan.Orang-orang berkumpul di prasmanan dan berbagi peralatan saji. Jika prasmanan dirancang ulang untuk membatasi aliran dan risiko lainnya, Sims mengatakan tingkat risiko bisa lebih rendah.

8. Basket

Tingkat risiko: 7

Para ahli sepakat bahwa sebagian besar kegiatan rekreasi di luar ruangan berisiko rendah, tetapi olahraga kontak seperti basket adalah pengecualian.

"Kau saling membenturkan," kata Sims.

"Ada kemungkinan masker dirobek. Orang mungkin tidak mau menggunakan masker, karena ketika Anda bernapas saat memakai masker akan mejadi lebih berat,"

9. Kolam renang umum

Tingkat risiko: 7

Berenang di kolam pribadi dengan orang-orang yang ada di rumah yang sama memiliki risiko lebih kecil. Sementara berbeda ceritanya jika berenang di kolam renang umum.

"Tidak ada cara untuk membuatnya aman," kata Emig.

"Bagaimana bisa memakai masker di kolam renang?"

Karena masker tidak kedap air, para ahli mengatakan sangat tidak mungkin melihat perenang mengenakan masker, hal ini akan meningkatkan risiko. Kolam renang umum juga menjadi pusat keumunan.

"Kami tidak memiliki data yang baik untuk menunjukkan bagaimana virus bekerja di dalam kolam," kata Husain.

"Air kolam memang mengandung klorin, tetapi saya pikir air itu tidak cukup tinggi untuk sangat efektif dalam mengurangi risiko hingga nol."

10. Sekolah

Tingkat risiko: 7

Sekolah memiliki banyak faktor rumit, ketika menyangkut risiko penyebaran COVID-19.Siswa sering berada dalam jarak 6 kaki satu sama lain dan berjam-jam pada suatu waktu.

Itu merupakan tantangan tambahan untuk membuat anak-anak mengikuti tindakan pencegahan seperti tetap menjaga jarak, mengenakan masker dan mencuci tangan dengan baik.

11. Bermain di area kasino, Tingkat risiko: 6

12. Makan di Restoran tertutup/ indoor, Tingkat risiko: 6

13. Taman atau Gedung fasilitas Hiburan anak-anak (Playgrounds) , Tingkat risiko: 6

14. Dandan ke Salon Kecantikan/ Barbershop/ Tukang Cukur, Tingkat risiko: 6

15. Menumpang perahu Pontoon, Tingkat risiko: 6

16. Nonton Bioskop, Tingkat risiko: 6

17. Pesta dan makan malam di perumahan, Tingkat risiko: 5

18. Menumpang Pesawat terbang, Tingkat risiko: 5

19. Pesta Barbeque/ Hajatan di halaman rumah, Tingkat risiko: 5

20. Mengunjungi Shopping Mal, Tingkat risiko: 5

21. Wisata ke Pantai, Tingkat risiko: 5

22. Main Bowling, Tingkat risiko: 5

23. Berobat ke dokter Gigi, Tingkat risiko: 4

24. Berjalan di area perkotaan yang ramai, Tingkat risiko: 4

25. Bekerja di Kantor-kantor, Tingkat risiko: 4

26. Menunggu di ruang Klinik Dokter umum, Tingkat risiko: 4

27. Makan diluar ruangan Restoran, Tingkat risiko: 4

28. Belanja Sembako, Tingkat risiko: 3

29. Outdoor Camping/ Hiking, Tingkat risiko: 3

30. Menginap di Hotel/ penginapan, Tingkat risiko: 3

31. Main Golf di padang golf, Tingkat risiko: 3

32. Mengunjungi Perpustakaan dan museum, Tingkat risiko: 3

 

33. Jalan kaki, Jogging atau Bersepeda berkelompok, Tingkat risiko: 2

34. ISI BBM di SPBU, Tingkat risiko: 2

35. Bayar dan keluar dari restauran, Tingkat risiko: 1

36. Main tennis, Tingkat risiko: 1 []





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

JADWAL SHOLAT HARI INI


Kanan - Iklan Sidebar2Kanan-Iklan PTQB RQV Indonesia

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Berita Utama