PNS dan Pensiunan Kini Gigit Jari, Menkeu Sri Mulyani Batal Cairkan Gaji ke-13

By Polkrim News 04 Jun 2020, 16:11:26 WIB Ekonomi
PNS dan Pensiunan Kini Gigit Jari, Menkeu Sri Mulyani Batal Cairkan Gaji ke-13

JAKARTA--Kabar buruk kembali menghamiri para PNS atau ASN di tengah wabah corona ini.Gaji ke-13 untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan pensiunan dipastikan tidak akan cair saat tahun ajaran baru. Dijelaskan Menteri Keuangan Sri Mulyani bahwa dana pemerintah saat ini banyak tersedot untuk penanganan virus corona atau COVID-19.

Oleh karenanya, Staf Khusus Menteri Keuangan, Bidang Komunikasi Strategis Yustinus Prastowo, memastikan bahwa gaji ke-13 baru akan dibahas di akhir tahun 2020. "Untuk gaji ke-13, pembahasannya baru akan dilakukan di bulan Oktober atau November 2020," ujar Yustinus.

Tak hanya waktu pencairan, Besaran Gaji ke-13 pun juga belum pasti karena memang belum dibahas."Mengenai besaran dan lain-lain belum ada pembahasan, karena pemerintah masih fokus ke penanganan COVID-19," kata Yustinus.

Baca Lainnya :

Apabila pembahasan baru dilakukan pada akhir tahun mendatang, maka pencairan gaji ke-13 akan mundur dari jadwal biasanya.Gaji ke-13 PNS biasanya cair menjelang tahun ajaran baru pendidikan atau berkisar pada bulan Juli.

Hal ini, dilakukan agar gaji ke-13 diharapkan dapat berperan sebagai penunjang biaya pendidikan bagi anak-anak dari para PNS.Terbaru, Yustinus memastikan gaji ke-13 tahun 2020 akan cair karena sudah dianggarkan.

"Untuk besaran dan lain-lain mohon ditunggu, belum diputuskan ya. Semoga yang terbaik buat para ASN," ujarnya, kemarin.

Rincian gaji ke-13 sudah pasti meliputi gaji pokok, tunjangan melekat, dan tunjangan kinerja.Hal ini membuat Gaji ke-13 besarannya biasanya lebih besar ketimbang THR.Pencairan Gaji ke-13 bisanya dilakukan pada pertengahan tahun.Kebijakan mengenai Gaji ke-13 PNS ini diatur dalam PP Nomor 35 Tahun 2019.[]




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 3 Komentar untuk Berita Ini

  1. Sutarji Tarji 06 Jun 2020, 00:07:14 WIB

    Bpk saya tercinta dulu wkt menyekolahkan saya. tdk dibantu gaji ke-1 ataupun gaji ke-13 lalu sekarang saya memiliki anak 6 tp rata2 anak saya memiliki ijazah SLA yg 2 org lagi duduk dibangku kls-2 SLA dan tamat SLTP hampir masuk kejenjang SLA soal gaji ke-13 saya tdk saya permasyalahkan mau turun msu tidakpun saya memiliki yg cara ibu/Bpk menyekolahkan anak2 nya yg terMsk saya. saya berdo'a Kpd YMKuasa jgn merepotkan pemerintah atau org lain serta jgn merepitkan diri saya. Aku berlindung hanya Kpd MU ya tuhan YMPengatur rijki, berilah aku kekuatan utk mengatur rijki MU yg Engkau berikan Kpd aku.

    Dadang 07 Jun 2020, 06:57:06 WIB

    Sesungguhnya segala harta yang dimiliki kita pada gilirannya dapat berdampak terhadap orang di sekitarnya bisa pedagang, petani, buruh, dan para pekerja bidang jasa lainnya jadi jika ada gaji yang diterima oleh seseorang itu pada akhirnya bermanfaat pula bagi pendapatan orang lainnya, jangan lupa kita sebagai mahluk sosial

    Umar pawiloi 07 Jun 2020, 18:44:09 WIB

    Semua asn tetap berharap agr gaji 13 tetap dicairkan walaupun waktunya mundur

View all comments

Write a comment

JADWAL SHOLAT HARI INI


Kanan - Iklan Sidebar1Kanan - Iklan PP

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Berita Utama