Pesona Alam Wisata Tasikmalaya Menenangkan di Jawa Barat

By Polkrim News 27 Jan 2020, 17:07:43 WIB Wisata
Pesona Alam Wisata Tasikmalaya Menenangkan di Jawa Barat

Tasikmalaya merupakan salah satu pilihan wisata yang ada di Jawa Barat. Tasikmalaya merupakan salah satu wilayah yang berada di sebelah tenggara Jawa barat.Pada awalnya pemerintahan Tasikmalaya berbentuk kabupaten. Namun, seiring dengan perkembangan, maka terbentuk 2 pemerintahan yaitu Pemerintahan Kabupaten dan Pemerintahan Kota Tasikmalaya.

Sebagian besar wilayah Kabupaten Tasikmalaya merupakan daerah perbukitan, khususnya di daerah timur. Wilayah ini juga dilalui oleh rantai gunung berapi di Pulau Jawa, di mana daerah ini secara alami memiliki tanah yang kaya dan subur, serta memberikan kelimpahan sumber daya air.

Wisata Tasikmalaya juga menawarkan keindahan yang tak kalah dari wisata daerah lain. Mulai dari pegunungan, pantai, dan bentang alam lainnya, wisata Tasikmalaya tak boleh terlewatkan saat Anda mengunjungi wilayah ini.

Baca Lainnya :

 

Berikut pilihan wisata Tasikmalaya

Gunung Galunggung


Gunung Galunggung merupakan gunung berapi yang berada di Kabupaten Tasikmalaya. Gunung ini menjadi daya tarik wisata Tasikmalaya. Memiliki ketinggian 2.167 meter di atas permukaan laut, Gunung Galunggung dapat ditempuh sekitar 17 km dari pusat kota Tasikmalaya. Beberapa waktu ini gunung Galunggung sempat menarik perhatian dikarenakan air terjun yang muncul secara tiba-tiba di kawasan kaki gunung tersebut. Ada beberapa objek wisata Tasikmalaya yang ada di gunung Galunggung seperti kawah Galunggung.

Kawah Galunggung merupakan objek wisata gunung Galunggung yang tak boleh terlewatkan saat mendaki gunung ini. Disini Anda dapat mendaki untuk melihat keindahan danau dari atas puncak Galunggung. Fasilitas yang diberikan Pemerintah daerah Tasikmalaya juga sudah cukup lengkap. Terdapat 620 dan 510 anak tangga pada titik pendakian untuk memudahkan pengunjung yang ingin melihat pemandangan indah kawah dari atas.

Selain kawah, Anda juga bisa menikmati air terjun Curug Agung. Pada malam hari Anda bisa melihat air terjun yang dipasang lampu LED bewarna kuning, hijau, merah, dan biru. Membuat pemandangan curug ini begitu menakjubkan walau dipandang saat malam.

Situ Gede


Situ Gede merupakan danau seluas sekitar 47 hektar yang berada tak jauh dari kota Tasikmalaya. Keberadaan Situ Gede berfungsi sebagai sumber irigasi bagi lahan sawah di sekitarnya.

Situ Gede juga menjadi salah satu pilihan wisata warga Tasikmalaya karena lokasinya yang tak jauh dari pusat kota. Disini Anda dapat berkeliling danau menggunakan perahu yang telah tersedia dan berfoto dengan latar belakang danau yang luas.

Tonjong Canyon


Wisata Tasikmalaya bak Grand Canyon ini berada di Desa Nagrog, Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Tonjong Canyon menjadi tempat incaran para wisatawan yang sedang berada di Tasikmalaya.

Tonjong Canyon merupakan wisata air berupa aliaran sungai berwarna hijau yang mengular dan dikelilingi tebing batu yang eksotis. Di sini Anda bisa berenang merasakan kesegaran air sungai, atau duduk santai di bebatuan Tonjong Canyon.

Curug Dengdeng


Curug satu ini terkenal dengan tampilannya yang unik. Curug ini berbentuk bedengan atau undakan yang terdiri dari tiga tingkatan. Tingkatan pertama mempunyai ketinggian kurang lebih 13 meter. Tingkatan kedua tingginya 11 meter dan tingkatan ketiga setinggi 9 meter.

Curug yang terletak di Kecamatan Cikatomas, Kabupaten Tasikmalaya menawarkan pemandangan yang asri dan tenang. Paduan aliran air nan jernih berpadu dengan hamparan sawah dan pohon kelapa menjadi pesona tersendiri bagi Curug Dengdeng.

Di sebelah selatan, Tasikmalaya berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, hal ini yang membuat wisata Tasikmalaya memiliki jajaran pantai selatan yang menawan. Pantai-pantai tersebut di antaranya adalah:

Pantai Cipatujah


Pantai dengan keindahan alam laut dan pasir putih dapat Anda temui di Pantai Cipatujah. Pantai ini terletak di Kecamatan Cipatujah, sekitar 74 km dari Kota Tasikmalaya. Rekreasi bisa dimulai di muara sungai Cipatujah, menggunakan perahu, memancing, serta mencari souvenir.

Pantai Sindangkerta


Dibanding pantai selatan lainnya, kawasan wisata pantai di Tasik Selatan ini memang memesona. Air laut yang jernih, pasir putih, serta karang yang tidak tajam, memanjakan pengunjung yang datang untuk menikmati wisata air yang mengasyikkan. Khusus di Pantai Sindangkerta, ada fasilitas gratis lesehan yang nyaman dengan payung ratusan pohon besar di sekitarnya. Hamparan tikar yang disediakan petugas, bisa menjadi alternatif sandaran tepat saat liburan keluarga.

Keistimewaan lain dari Pantai Sindangkerta adalah taman laut yang disebut Taman Lengsar. Jika air laut surut, maka di taman seluas 20 hektar itu, akan dijumpai karang laut, ikan hias, dan suaka alam satwa penyu hijau.

Pantai Karang Tawulan


Berjarak 100 km dari kota Tasikmalaya, pantai ini terletak di kecamatan Cikalong. Sebuah pantai berkarang dan landai, memiliki panorama laut yang mempesona. Agak ke timur, terdapat pulau kecil Nusa Manuk. Pada waktu-waktu tertentu, Nusa Manuk dihuni oleh berbagai macam jenis burung.[]




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

JADWAL SHOLAT HARI INI


Kanan - Iklan Sidebar2Kanan-Iklan PTQB RQV Indonesia

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Berita Utama