Massa 320-an Orang Demo BLT di Madina Mencekam, Mobil Wakapolres Dibakar Warga

By Polkrim News 30 Jun 2020, 00:58:12 WIB Daerah
Massa 320-an Orang Demo BLT di Madina Mencekam, Mobil Wakapolres Dibakar Warga

MADINA - Aksi unjuk rasa menuntut kepala desa (kades) mundur, berujung ricuh di Kecamatan Panyabungan Utara, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara.

Massa yang berjumlah ratusan orang tersebut, melakukan blokade jalan lintas Sumatera (Jalinsum) dan membakar dua mobil serta satu sepeda motor.

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja mengatakan, aksi ini merupakan rentetan dari masalah pembagian bantuan langsung tunai (BLT) di Desa Mompang Julu.

Baca Lainnya :

Massa yang diperkirakan 320 orang memadati Jalinsum Medan-Padang, tepatnya di Desa Mompang Julu, pada Senin (29/6/2020) sekitar pukul 10.30 WIB.

Dalam orasi tersebut, kata Tatan, massa menyebutkan bahwa Kades Mompang Julu tidak transparan dalam pengelolaan dana desa (DD) serta diduga terjadi praktik KKN.

"Jadi mereka meminta klarifikasi dan informasi dari Kepala Desa Mompang Julu Bapak Hendri Hasibuan tentang Dana Desa Anggaran TA 2018-2020," jelas Tatan.

Massa juga meminta kepada Bupati Madina untuk mencabut SK Kepala desa Mompang Julu.

"Negosiasi antara massa pemblokir jalan dilakukan untuk dapat membuka akses jalinsum dan akan memproses tuntutan massa pendemo tentang transparansi penyaluran BLT DD oleh kepala desa selambat-lambatnya 5 hari.

Namun kelompok massa pemblokir jalan tidak menerima dan meminta agar Bupati Madina segara mengeluarkan surat pemecatan terhadap kades. Hasil mediasi tidak mendapat titik temu sedangkan massa tetap melaksanakan aksi pemblokiran jalan," jelas Tatan.

Ia mengatakan blokade jalan yang dilakukan massa semakin tidak terkendali.

Massa melakukan penyerangan terhadap personel TNI dan Polri dengan melemparkan kayu dan batu yang ada di bahu jalan.

Selain itu, massa membakar 1 sepeda motor, satu mobil Suzuki Baleno, dan mobil dinas Wakapolres Madina.

“Dari kejadian ini enam anggota Polres Madina mengalami luka lemparan batu dan saat ini mendapat perawatan di RSUD Panyabungan,” kata Tatan.

Sampai berita ini diturunkan saat ini personel TNI - Polri masih melakukan pengamanan di Jalinsum Medan-Padang.

Begitu juga dengan massa masih terkonsentrasi pada titik kumpul awal aksi blokade Jalinsum di Desa mompang Julu Kecamatan Panyabungan Utara.[]




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

JADWAL SHOLAT HARI INI


Kanan - Iklan Sidebar2Kanan-Iklan PTQB RQV Indonesia

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Berita Utama