Karawang Populer, dari Sejarah hingga Pesona Alam

By Polkrim News 27 Jan 2020, 17:10:28 WIB Wisata
Karawang Populer, dari Sejarah hingga Pesona Alam

Karawang manjadi destinasi alternatif yang tak jauh dari ibukota. Karawang merupakan sebuah wilayah kabupaten di Jawa Barat sekitar 66 kilometer dari Jakarta. Wisata Karawang bisa menjadi pilihan akhir pekan untuk bersantai.

Wisata Karawang menawarkan destinasi lengkap dan beragam. Wilayah Kabupaten Karawang sebagian besar dataran pantai yang luas. Di bagian tengah wilayah ini juga terdapat kawasan perbukitan sedangkan di bagian Selatan terdapat Gunung Sanggabuana dengan ketinggian ± 1.291 m di atas permukaan laut.

Letak geografis yang cukup beragam inilah yang membuat wisata Karawang begitu beragam. Selain alam, wisata Karawang juga terkenal dengan wisata sejarah berupa peninggalan peristiwa Rengasdengklok. Situs sejarah seperti candi juga ditemukan di wilayah ini. Berikut wisata Karawang paling populer,

Baca Lainnya :


Situs Batujaya atau Kompleks Percandian Batujaya adalah sebuah suatu kompleks sisa-sisa percandian Buddha kuno di Karawang. Situs Batujaya secara administratif terletak di dua wilayah desa, yaitu Desa Segaran, Kecamatan Batujaya dan Desa Telagajaya, Kecamatan Pakisjaya di Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Situs ini terletak di tengah-tengah daerah pesawahan dan sebagian di dekat pemukiman penduduk dan tidak berada jauh dari garis pantai utara Jawa Barat.

Titik candi yang menarik dikunjungi adalah Candi Jiwa. Bangunan candi Jiwa tidak terbuat dari batu, namun dari lempengan-lempengan batu bata.


Candi Jiwa memiliki struktur bagian atas menyerupai bunga teratai. Pada candi ini tidak ditemukan tangga, sehingga wujudnya mirip dengan stupa atau arca Buddha di atas bunga teratai yang sedang berbunga mekar dan terapung di atas air. Bentuk seperti ini adalah unik dan belum pernah ditemukan di Indonesia.

Rengasdengklok, sebuah kecamatan di Kabupaten Karawang menjadi salah satu saksi perjuangan kemerdekaan Indonesia. Rengasdengklok adalah tempat Soekarno dan Hatta dibawa untuk kemudian didesak agar mempercepat proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia. Untuk mengenang peristiwa ini dibangunlah Monumen Kebulatan Tekad Rengasdengklok. Monumen ini dibangun di atas tanah seluas 1500 m2, yang merupakan bekas lokasi markas PETA di Kampung Bojong Tugu, Desa Rengasdengklok Utara, Kecamatan Rengasdengklok. Di sini Anda dapat menemukan replika naskah proklamasi dari beton yang menyangga bola dengan tulisan 17 Agustus 1945.

Dibelakang monumen, Anda dapat melihat relief peristiwa proklamasi dari dinding melengkung. Untuk dapat masuk ke monumen ini Anda tak perlu menyiapkan uang alias gratis. Lokasi menuju tempat ini juga mudah diakses tepatnya berada di Jl. Raya R.Dengklok, R.Dengklok Sel., Rengasdengklok, Kabupaten Karawang.


Situ Cipule

Situ Cipule adalah danau buatan di Ciampel, Karawang. walnya Situ Cipule merupakan bekas Galian C (galian pasir). Setelah deposit habis, galian tersebut menjadi genangan dengan luas ±75 Ha dan daratan ±27 Ha, sehingga luas keseluruhan aset 97 Ha. Situ Cipule juga sempat digunakan sebagai arena dayung untuk SEA Games 2011.

Situ Cipule kini menjadi tempat wisata keluarga yang menyenangkan. Yang unik dari danau ini adalah adanya pulau seluas 2 km yang disebut Pulau Cinta. Di pulau ini juga tersedia berbagai fasilitas seperti kuliner dan tempat bersantai. Lokasi Situ Cipule tak jauh dari Bendungan Walahar.


Curug Cigentis

Curug ini berada dibawah kaki Gunung Sanggabuana dan merupakan wisata unggulan di Karawang. Meski harus menempuh 2 km dengan berjalan kaki dari tempat parkir, panorama yang disuguhkan sepanjang jalan begitu asri dan memesona.


Curug Bandung

Curug Bandung terdiri dari 7 air terjun dalam satu aliran sungai, dari mulai Curug Peuteuy, Curug Picung dan yang terbesar adalah Curug Bandung. Curug ini berada dibawah kaki Gunung Sanggabuana. Untuk menikmati keindahan curug ini Anda perlu berjalan kaki sejauh 3 km.


Pantai Tanjung Pakis

Tak cuma panorama pegunungan, Karawang juga menawarkan panorama pantai yang tak kalah indah. Salah satu pantai andalan untuk bersantai adalah Pantai Tanjung Pakis. Pantai Tanjung Pakis terletak di Kecamatan Pakis Jaya Kabupaten Karawang. Selain menawarkan pemandangan pantai, lokasi ini juga menyediakan sajian udang windu, bandeng bakar, dan santapan laut lainnya.


Pantai Samudera Baru

Pantai Samudera Baru merupakan pantai wisata andalan Kabupaten Karawang setelah Tanjung Pakis. Disini Anda dapat menikmati pantai berpasir putih dengan ombak yang tenang. Lokasi Pantai Samudera Baru terletak di Kecamatan Pedes 30 km dari Ibu Kota Kabupaten Karawang.


Pantai Tanjung Baru

Pantai Tanjung Baru terletak pada teluk di semenanjung antara Kabupaten Subang dan Kabupaten Karawang. Lokasi Pantai Tanjung Baru terletak di Kecamatan Cilamaya 45 km dari Ibu Kota Kabupaten Karawang. Pantai berpasir putih ini juga cocok menjadi tempat bersantai bersama keluarga ditemani dengan ragam kuliner khas pantai.[]




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

JADWAL SHOLAT HARI INI


Kanan - Iklan Sidebar2Kanan-Iklan PTQB RQV Indonesia

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Berita Utama