Hari Ini Pengumuman Kartu Prakerja Gelombang 5, Apa Langkah Selanjutnya?

By Polkrim News 29 Agu 2020, 15:20:41 WIB Ekonomi
Hari Ini Pengumuman Kartu Prakerja Gelombang 5, Apa Langkah Selanjutnya?

JAKARTA– Pengumuman penerima Kartu Prakerja gelombang 5 diumumkan hari ini, Sabtu (29/8/2020). Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja melakukan pengumuman mulai pukul 08.00 WIB. Peserta dapat mengetahui status kelolosannya dengan memeriksa dashboard di laman Prakerja.go.id dengan login terlebih dahulu.

Lantas bagaimana langkah selanjutnya?

1. Peserta tidak lolos Bagi peserta yang tidak lolos seleksi penerimaan Kartu Prakerja gelombang 5 maka dalam dashboard akun Prakerja-nya terdapat keterangan "Tidak Lolos". Namun tak perlu patah semangat, peserta yang tidak lolos Kartu Prakerja gelombang 5 dapat memanfaatkan gelombang berikutnya.

Baca Lainnya :

 "Untuk mereka yang nantinya belum lolos seleksi gelombang 5 bisa langsung ikut mendaftar di gelombang 6 tanpa harus mengulangi proses pengisian data dari awal," ujar Head of Communications Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu (24/8/2020).

Adapun, Kartu Prakerja gelombang 6 telah dibuka sejak Kamis (27/8/2020) pukul 12.00 WIB. Sama dengan gelombang 5, Kartu Prakerja gelombang 6 membuka 800.000 peserta.

2. Peserta yang lolos Bagi peserta yang lolos, mereka akan mendapatkan SMS pemberitahuan, selain itu dapat dilihat dalam dashboard laman Prakerja. Peserta yang lolos gelombang 5 langkah selanjutnya adalah mengikuti pelatihan yang diinginkan menggunakan saldo prakerja yang diberikan.

Jangka waktu pengembangan diri peserta melalui pelatihan ini adalah satu bulan, terhitung sejak Kartu Prakerja diterima. Selanjutnya, para peserta Kartu Prakerja wajib untuk menyelesaikan pelatihannya hingga selesai.

Mengutip laman Prakerja terdapat dua jenis insenif yang akan diberikan kepada penerima Kartu Prakerja, di luar bantuan pelatihan. Insentif pertama adalah insentif pelatihan yang besarannya sesuai anggaran tahun 2020, yakni Rp 600.000 per bulan selama empat bulan.

Insentif ini hanya untuk pelatihan pertama yang dipilih saja, tidak terdapat insentif pelatihan kedua dan selanjutnya. Adapun, insentif kedua yang diterima adalah insentif survei kebekerjaan yang besarannya Rp 50.000 per survei.

Nantinya ada tiga kali survei. Perlu diketahui, insentif akan diberikan hanya ketika peserta telah menyelesaikan pelatihan ditandai dengan adanya sertifikat.

Insentif juga akan diberikan saat peserta telah memberikan ulasan dan penilaian terhadap lembaga pelatihan yang diikuti. Peserta juga akan menerima insentif apabila berhasil menyambungkan nomor rekening bank atau e-wallet di akun Kartu Prakerja.

Penyaluran insentif akan dilakukan maksimal tujuh hari kerja setelah seluruh persyaratan dipenuhi. Untuk insentif survey peserta akan menerimanya jika telah selesai mengisi survei di laman https://www. prakerja.go.id. Melalui dashboard laman tersebut nantinya dapat dilihat apakah insentif sudah turun atau belum.[]




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

JADWAL SHOLAT HARI INI


Kanan - Iklan Sidebar1Kanan - Iklan Skbm1Kanan - Iklan Skbm2

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Berita Utama