Belanja Online di Atas Rp5 Juta Kena Bea Materai

By Polkrim News 04 Sep 2020, 00:13:17 WIB Ekonomi
Belanja Online di Atas Rp5 Juta Kena Bea Materai

JAKARTA, - Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah menyetujui rancangan undang-undang (RUU) Bea Materai yang akan dibahas pada rapat paripurna. Dalam aturan yang baru ini, pemerintah akan memberlakukan pengenaan bea materai terhadap transaksi di e-commerce atau toko online baik dokumen maupun barang.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pengenaan bea materai terhadap transaksi online atau digital ini merupakan bentuk kesetaraan antara transaksi berupa dokumen kertas dan nonkertas alias digital.

"Untuk pembayaran bea materai dengan gunakan bea materai elektronik sesuai perkembangan teknologi, ini merupakan satu langkah di dalam pengenaan bea materai atas dokumen elektronik sehingga ini juga berikan kepastian hukum bagi dokumen-dokumen elektronik," kata Sri Mulyani di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (3/9/2020)

Baca Lainnya :

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Perpajakan I Direktorat Jenderal Pajak Kemenkeu Arif Yanuar mencontohkan, dokumen elektronik yang bakal terkena bea materai Rp10.000 pada awal tahun depan, yaitu tagihan kartu kredit yang transaksinya di atas Rp5 juta. Pengenaan bea materai yang selama ini hanya berlaku pada dokumen berbentuk kertas karena aturan yang lama.

"Mungkin contoh tagihan kartu kredit sekarang email ya, kan enggak dicetak lagi. Itu termasuk salah satunya seperti itu contoh," katanya.

Mantan Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) dan Menteri Keuangan Sri Mulyani bertemu dengan Wapres Ma'ruf Amin. Pertemuan ini digelar di Kantor Wapres, Jakarta Pusat, Kamis (12/3/2020). Dia menambahkan, ada beberapa transaksi yang akan terbebas dari pengenaan bea meterai usai batasannya dinaikkan menjadi di atas Rp5 juta. "Misal tagihan telepon di bawah Rp5 juta, tagihan listrik di bawah Rp5 juta," ucapnya.[]




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

JADWAL SHOLAT HARI INI


Kanan - Iklan Sidebar1Kanan - Iklan Skbm1Kanan - Iklan Skbm2

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Berita Utama